Categories

Berita

Pemkot Bandung Akan Sediakan Hotspot Hingga ke Tingkat RW

Andi Miftachul - 25 July 2012

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tidak mau kalah dengan Pemkot Surakarta dan Pemkot Yogyakarta dalam hal penyediaan akses internet bagi warganya. Oktober tahun lalu, Pemkot Solo menyediakan 40 hotzone sepanjang 10 km. Hal itu disusul oleh Pemkot Yogyakarta yang menyediakan layanan hotspot di seluruh kelurahan mulai tahun 2012 ini. Kini Pemkot Bandung membawa layanan akses internet ini ke level baru dengan menyediakan hotspot hingga ke tingkat Rukun Warga (RW).

Sebanyak 1.563 RW di seluruh wilayah kota Bandung akan segera mendapatkan fasilitas hotspot secara cuma-cuma. Akses internet ini akan segera dapat dinikmati pada bulan Oktober tahun ini. Program ini diselenggarakan oleh Pemkot Bandung bekerja sama dengan PT. Telkom.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Edi Siswandi seperti dikutip oleh Pikiran Rakyat mengatakan, program yang dinamakan RW Net ini merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan Bandung sebagai Cyber City. Selain di kantor RW, fasilitas hotspot tersebut juga akan disediakan di taman-taman di wilayah kota Bandung.

Dengan adanya program RW Net ini, Pemkot Bandung berharap dapat memperlancar komunikasi antara warga dengan Pemkot. Pemkot dapat mensosialisasikan berbagai kebijakan sekaligus memberikan laporan tentang berbagai program pembangunan kota. Warga juga dapat memberikan masukan atau keluhan tentang berbagai persoalan kota Bandung langsung kepada Pemkot.

Selain itu, Pemkot Bandung juga akan bekerja sama dengan Bank Bukopin untuk menjadikan program RW Net ini sebagai payment point (tempat pembayaran) secara online berbagai tagihan warga. Nantinya, warga akan dapat membeli pulsa, membayar tagihan PDAM, dan membeli token listrik melalui RW Net ini.

Setelah Solo, Jogja dan Bandung, kota mana lagi yang akan menyusul?

[Sumber Gambar]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter