Categories

Berita

Pemprov NTB Luncurkan Samsat Delivery, Mudahkan Pengurusan Pajak Kendaraan dengan Aplikasi

Memungkinkan wajib pajak "mengundang" petugas pajak hadir ke rumah

Prayogo Ryza - 27 December 2018

Implementasi teknologi selalu menghadirkan sesuatu yang baru dengan tujuan untuk lebih memudahkan atau menyederhanakan sebuah proses. Seperti yang dilakukan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) NTB yang meluncurkan aplikasi Samsat Delivery. Sebuah aplikasi berbasis Android yang memudahkan masyarakat untuk membayar pajak. Aplikasi ini diresmikan hari Minggu, (23/12).

Dengan Samsat Delivery, masyarakat hanya perlu memasang aplikasi dan mengisi informasi yang dibutuhkan. Selanjutnya akan ada petugas pajak yang mendatangi kediaman atau alamat yang diinformasikan sebelumnya untuk melayani pembayaran pajak.

Inovasi yang dilakukan pemerintah Provinsi NTB ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan daerah utamanya pada pajak kendaraan bermotor. Kehadiran Samsat Delivery juga merupakan jawaban bagi pemilik kendaraan bermotor yang kesulitan meluangkan waktu hadir ke kantor Samsat.

"Sekarang ada Samsat Delivery, bagi yang punya kesibukan boleh menggunakan ponsel Android-nya untuk meminta petugas pajak datang ke rumah masing-masing," terang Kepala Bappenda NTB Ir. H. Iswandi seperti dikutip dari laman resmi Provinsi NTB.

Terobosan untuk memudahkan pembayaran pajak kendaraan motor sebelumnya juga dilakukan oleh pemerintah Jawa Barat dengan menggandeng Bukalapak. Sistem yang dinamai E-Samsat tersebut disediakan untuk masyarakat dalam hal pembayaran pajak. Di tahap awal, fitur baru ini akan mulai melayani masyarakat di wilayah Jawa Barat dan akan meluas di beberapa daerah lainnya.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter