Pencarian Gambar di Aplikasi Google Android dan iOS Kini Tampilkan Caption Judul Web

Pencarian Gambar di Aplikasi Google Android dan iOS Kini Tampilkan Caption Judul Web

Teks yang baru ditambahkan akan muncul tepat di atas alamat domain dengan huruf tebal
Ilustrasi Google Search Kostum
Ilustrasi Google Search Kostum

Google mendapat banyak kritik beberapa waktu yang lalu karena menghapus fitur View Image di hasil penelusuran gambar. Permasalahan hak cipta disebut menjadi latar belakang kebijakan itu.

Entah dirilis untuk menyenangkan hati penggunanya atau demi alasan lain, raksasa mesin pencari tersebut meluncurkan update baru untuk aplikasi mobile-nya baik yang berbasis Android maupun iOS. Dalam update ini, Google menambahkan caption ke hasil pencarian gambar untuk memberikan hasil yang sesuai dengan konteks.

Google mengungkapkan bahwa gambar yang dicari menggunakan aplikasi mobile sekarang tidak hanya menampilkan gambar semata, tapi juga menampilkan teks judul halaman web di mana gambar tersebut dipublikasikan. Teks yang baru ditambahkan akan muncul tepat di atas alamat domain dengan huruf tebal sehingga mudah terlihat. Pembaruan ini bisa dibilang bersifat minor dan mungkin tidak diperhatikan oleh sebagian besar pengguna. Mulai minggu ini update akan mulai diluncurkan ke semua perangkat seluler, Android dan iOS.

Dalam rilis resminya, Google berharap pembaruan ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui seperti apa gambar itu dan apakah situs web memang berisi konten yang relevan untuk kebutuhan pengguna.

Text_on_SRP_2.max-1000x1000

Google juga menyertakan satu buah screenshot komparasi antara tampilan Google Image lawas dan yang baru. Dari screenshot ini, tampak jelas teks tambahan yang dijelaskan di atas. Namun sepertinya jumlah karakter yang bisa tampil juga dibatasi, sehingga penting bagi pengguna untuk lebih cerdas memilih dan memilah sebelum memutuskan untuk mengunjungi salah satu web.

Sumber berita Google dan gambar header WPMUdev.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…