1. Startup

Pendaftaran Gerakan Nasional 1000 Startup Resmi Dibuka

Pada tahap pertama akan ada Ignition, sebuah seminar yang akan diselenggarakan di berbagai kota

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang gaungnya sudah terdengar beberapa waktu lalu dan sudah melakukan kick off pada 17 Juni 2016 lalu, hari ini secara resmi telah membuka pendaftaran untuk para peserta. Program yang menantang generasi muda Indonesia yang memiliki jiwa kewirausahaan ini didesain tidak hanya untuk mereka yang memiliki kompetensi di bidang pemrograman aplikasi, tetapi juga untuk keahlian lain mulai dari desain, komunikasi, bisnis, ekonomi dan lainnya. Pendaftaran peserta bisa langsung menuju laman resminya di reg.1000startupdigital.id.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan program gagasan pemerintah untuk merangsang pertumbuhan startup di Indonesia. Program ini dalam rilisnya disebutkan menyasar anak-anak muda yang tidak terbuai dengan potensi yang dimiliki oleh Indonesia dan memiliki pola pikir untuk menciptakan inovasi dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

Program ini terbuka untuk semua kalangan baik yang sudah ataupun belum memiliki ide, sudah atau belum memiliki tim, maupun yang sudah memiliki produk. Bagi yang ingin mendaftar dengan tim, semua anggota juga diwajibkan untuk mendaftar secara individual dan mengikuti program dari awal hingga akhir.

Salah satu syarat pendaftaran yang harus dipenuhi adalah semua peserta wajib membuat sebuah video berdurasi maksimal 2 menit yang menggambarkan masalah besar yang ingin diselesaikan, beserta ide dan solusi yang memanfaatkan teknologi digital. Selanjutnya video diunggah ke YouTube dengan menyertakan hashtag #1000startupdigital.

Peserta yang sudah terdaftar akan diseleksi secara ketat di setiap tahapan. Untuk diketahui program ini tidak didesain sebagai sebuah kompetisi untuk memenangkan hadiah atau penghargaan tertentu, namun sebuah gerakan yang memiliki tujuan menciptakan startup berkelanjutan yang mampu memecahkan masalah dan memberikan dampak positif yang besar bagi Indonesia.

Pada tahap pertama akan ada 400 peserta yang akan terpilih di setiap kota untuk mengikuti Ignition, sebuah seminar yang diharapkan mampu menginspirasi para peserta untuk mendirikan sebuah startup yang memiliki dampak positif dan mampu menyelesaikan masalah. Tahap ini diharapkan mampu membuat para peserta memahami pola pikir kewirausahaan sebelum memulai startup-nya masing-masing.

“Komitmen yang kami harapkan dari setiap peserta adalah jika terpilih, bersedia mengikuti tahapan yang ada dari awal hingga akhir. Selain itu, peserta diminta mematuhi setiap peraturan yang ada di setiap tahapan, dan juga bersungguh-sungguh dalam mendirikan startup yang ingin menciptakan solusi,” ujar Vice President  Gojek Alamanda Shantika yang juga merupakan salah satu mentor di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Untuk jadwal, kota yang pertama kali akan melaksanakan Ignition adalah Jakarta, yakni pada tanggal 30 Juli 2016 bertempat d Universitas Trisakti. Selanjutnya diteruskan kota Surabaya pada tanggal 6 Agustus di Spazio Hall, dan kota ketiga adalah Yogyakarta pada tanggal 13 Agustus 2016 di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again