Categories

Berita

Kopi Kenangan Peroleh Tambahan Pendanaan Seri A, Incar Ekspansi Regional

Didapat dari Arrive, Serena Ventures, pebasket NBA Caris LeVert, dan pendiri Sweetgreen Jonathan Neman dengan nominal dirahasiakan

Marsya Nabila - 23 December 2019

Startup new retail Kopi Kenangan umumkan tambahan pendanaan Seri A dari Arrive, Serena Ventures, pebasket NBA Caris LeVert, dan pendiri Sweetgreen Jonathan Neman dengan nominal dirahasiakan. Sequoia India, yang memimpin pendanaan seri A senilai $20 juta pada Juni 2019, juga berpartisipasi dalam putaran ini.

Arrive adalah VC yang didirikan oleh selebriti internasional Jay-Z, menandakan debut keduanya mendanai startup di ASEAN. Sementara Serena Ventures adalah VC yang dibentuk petenis internasional Serena William. Kedua VC ini sama-sama fokus pada pendanaan tahap awal.

“Kami ingin membangun brand yang legendaris dan kami sangat senang dapat bekerja sama para investor dan penasihat baru kami yang telah sukses membangun waralaba konsumen global di bidang olahraga, hiburan, makanan dan minuman, serta teknologi,” ucap Founder & CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata dalam keterangan resmi.

Edward berujar pendanaan akan dipakai untuk melancarkan ekspansi ke ASEAN, menambah lebih dari 1000 gerai dalam dua tahun ke depan. Tercatat, Kopi Kenangan telah hadir di lebih dari 200 gerai secara nasional di 18 kota, mempekerjakan 1800 pegawai.

Kenaikan pesat ini begitu terasa, sambungnya, tahun lalu perusahaan baru mengelola 16 toko dan menjual beberapa ribu gelas per hari. Sekarang perusahaan berhasil menjual lebih dari 3 juta gelas kopi per bulan.

Diklaim perusahaan telah mencatatkan keuntungan dan menorehkan pertumbuhan pendapatan sebanyak 20 kali lipat sejak menerima pendanaan tahap awal yang dipimpin Alpha JWC pada tahun lalu.

“Kami telah bertumbuh pesat sejak bisnis ini dimulai dua tahun lalu dan kami ingin terus belajar, serta meningkatkan layanan dan produk kami untuk memenuhi harapan pelanggan kami di Indonesia dan negara lain.”

Kopi Kenangan didirikan pada 2017 oleh Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa. Perusahaan berhasil mengisi kesenjangan antara kopi mahal yang disajikan peritel kopi internasional, yang tidak terjangkau sebagian masyarakat Indonesia, dan kopi instan yang dijual oleh kedai di pinggir jalan.

Menurut Nielsen Company, Kopi Kenangan adalah merek dengan top-of-mind awareness nomor satu untuk kategori Kopi Susu dan merek nomor dua setelah jaringan kopi internasional untuk kategori kopi umum.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech-related research and statistic reports, and follow the latest news about startups and gadgets.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter