1. Startup

[Data Interaktif] Pendanaan Startup Indonesia Q1 2021 Naik 2 Kali Lipat, Bukukan Rp8 Triliun

Ragam startup fintech masih mendominasi jumlah transaksi

Tahun 2021 bisa dikatakan sebagai titik balik kebangkitan industri setelah berbulan-bulan dihantam distraksi akibat pandemi. Bebarengan dengan distribusi vaksin yang makin masif untuk mencegah penularan Covid-19, berbagai tatanan bisnis kembali menapaki jalur pertumbuhannya. Tak terkecuali di ekosistem startup Indonesia.

Di antara berbagai variabel yang dapat dijadikan patokan penilaian, transaksi pendanaan menjadi salah satu yang kami rasa cukup relevan. Cukup beralasan, setiap investor memiliki hipotesis yang sangat ketat – baik penilaian dari fundamental bisnis, hingga kondisi makro perekonomian nasional – sehingga meyakinkan mereka untuk meletakkan uangnya ke sebuah bisnis.

Dari catatan tim riset kami, sepanjang Q1 2021 terdapat 40 transaksi pendanaan startup Indonesia, membukukan dana [dari 24 transaksi yang nilainya diumumkan] senilai $554,7 miliar atau setara 8 triliun Rupiah. Nilai tertinggi didapatkan oleh putaran seri B SiCepat dengan total nilai mencapai $170 juta, disusul pendanaan seri A ajaib yang membukukan dana total $90 juta [gabungan dari Seri A dan Seri A+].

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again