Pendapatan Iklan Instagram Dikabarkan Lebih Besar daripada YouTube

Pendapatan Iklan Instagram Dikabarkan Lebih Besar daripada YouTube

YouTube $15 miliar, Instagram $20 miliar
Icon aplikasi Instagram / Pixabay
Icon aplikasi Instagram / Pixabay

Kita tahu bahwa YouTube dan Instagram sama-sama mengandalkan iklan sebagai sumber pemasukan utamanya. Namun yang mungkin membuat penasaran adalah, mana yang pendapatan dari iklannya lebih besar?

Normalnya, banyak yang akan menjawab YouTube, dengan alasan YouTube sudah lebih lama menjalani bisnis ini. Pada kenyataannya, dalam laporan finansial terbaru yang dirilis Alphabet, YouTube tercatat menghasilkan $15,15 miliar dari iklan di sepanjang tahun 2019.

Facebook di sisi lain tidak menguraikan secara merinci berapa pendapatan Instagram dalam laporan keuangannya. Namun kalau berdasarkan laporan yang diberitakan Bloomberg baru-baru ini, pemasukan iklan Instagram tahun lalu mencapai sekitar $20 miliar. Sayang Facebook enggan berkomentar soal ini.

Kalau melihat betapa agresifnya Instagram menampilkan iklan belakangan ini – di Feed, Stories, maupun di Explore – angka pendapatan ini terdengar cukup masuk akal. Hebatnya lagi, narasumber Bloomberg juga bilang bahwa lebih dari seperempat penghasilan total Facebook selama tahun lalu berasal dari Instagram sendiri.

Yang dibahas ini adalah pendapatan kotor, namun kalau membahas pendapatan bersih pun, sepertinya Instagram tetap lebih unggul ketimbang YouTube. Pasalnya, YouTube menerapkan sistem bagi hasil dengan para kreator, dan mereka bilang jumlah yang mereka bagikan melebihi separuh dari total pendapatan iklannya. Instagram tidak demikian.

Tidak berlebihan jika kita menganggap Instagram sebagai salah satu investasi terbaik Facebook. Saat diakuisisi di tahun 2012, Instagram belum punya satu pun cara untuk menghasilkan uang. Kendati demikian, Facebook tetap rela mengucurkan dana sebesar $715 juta, dan sekarang Instagram justru menjadi salah satu ‘mesin uang’ Facebook.

Sumber: Bloomberg. Gambar header: Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…