Categories

Gadget

Pendaratan Oppo F5 6GB Lengkapi Lineup Handset Spesialis Selfie F5 di Indonesia

Di acara ini, produsen juga melangsungkan seremoni pemberian Oppo F5 6GB pada 20 pembeli pertama.

Yoga Wisesa - 8 December 2017

Eksistensinya tersingkap di bulan Oktober dan akhirnya melakukan pendaratan di Indonesia di pertengahan November, Oppo F5 ialah inkarnasi terkini dari prakarsa ‘camera phone‘ yang dimulai perusahaan Guangdong itu di awal tahun 2016 melalui F1. Dan Anda mungkin sudah tahu, Oppo tidak hanya menyiapkan satu varian F5, melainkan tiga pilihan dengan spesifikasi berbeda.

Dan pada tanggal 7 Desember kemarin, Oppo melengkapi lineup F5 di tanah air dengan menghadirkan F5 6GB. Kabarnya, ketiga perangkat ini telah dibekali teknologi kecerdasan buatan Beauty Recognition serta layar sentuh full-HD+ 18:9 sehingga tersaji lebih lebar. Di acara yang digelar di gerai Oppo di Mall Emporium Pluit itu, produsen juga melangsungkan seremoni pemberian Oppo F5 6GB untuk 20 pembeli pertama.

Marketing director Alinna Wen menyampaikan rasa gembiranya karena masyarakat sangat antusias terhadap tersedianya F5 6GB. Model berwarna merah ternyata jadi favorit, mendominasi hampir sebesar 70 persen dari porsi pemesanan seri tersebut. Begitu tingginya permintaan konsumen, Oppo bahkan terpaksa menutup sementara gerbang pre-order di tanggal 28 November kemarin agar bisa kembali fokus pada ‘ritme produksi dan proses distribusi’.

 

Oppo F5 6GB

F5 6GB mempunyai penampilan yang identik dengan F5 standar. Di sana ada layar 6-inci 1080x2160p berkepadatan 402ppi yang diproteksi Corning Gorilla Glass 5, dicantumkan ke tubuh unibody dengan ketebalan 7,5-milimeter. Desainnya telah memperoleh sejumlah penyempuraan dari F3. Modifikasi terbesarnya adalah pemindahan sensor pemindai sidik jari di tombol home depan ke sisi punggung, membuatnya mudah dicapai oleh telunjuk atau jari tengah.

Kapabilitas fotografi tentu saja kembali menjadi fitur primadona di smartphone ‘pakar selfi’ anyar tersebut. Di sisi depan, Oppo memanfaatkan kamera 20-megapixel 1/2.8-inci ber-aperture f/2.0 yang ditopang oleh algoritma pintar, memungkinkan handset untuk mengenali usia, jenis kelamin, serta warna dan tipe kulit. Caranya? Kamera mampu melacak 254 titik berbeda di wajah, misalnya letak mata, hidung, tulang pipi, hingga kontur rahang. Sistem ini merupakan elemen esensial dari fitur beautification di sana.

Untuk fotografi biasa, Oppo tak lupa membubuhkan kamera 16-megapixel f/1.8 di depan, yang turut ditopang oleh LED flash, fitur face detection, touch focus, mode HDR dan panorama. Kamera tersebut mempersilakan Anda merekam video full-HD di 30-frame per detik.

F5 6GB diotaki oleh system-on-chip Mediatek MT6763T Helio P23, berisi prosesor octa-core Cortex-A53 2,5GHz dan CPU Mali-G71 MP2, dan sudah bisa Anda tebak, handset ini menyimpan RAM sebesar 6-gigabyte. Tapi yang harus Anda ketahui adalah memori ini mengusung konfigurasi dual-channel, memastikan app-app di sana berjalan lebih mulus. Di model 6GB, Oppo mencantumkan penyimpanan internal 64GB yang bisa diekspansi lagi via microSD – maksimal 256GB. Selanjutnya, produsen memanfaatkan baterai non-removable 3.200mAh sebagai sumber tenaga smartphone ini.

 

F5 Youth

Dalam acara pers kemarin, F5 Youth juga menampakkan diri setelah muncul resmi di nusantara di penghujung kemarin. Dari segi penampilan, handset ini mengusung arahan desain hampir serupa F5 – termasuk dari penggunaan layar 6-inci 1080x2160p 18:9 dengan kepadatan 402ppi, ukuran perangkat (yakni 156.5x76x7.5-milimeter) serta penempatan sensor fingerprint di bagian belakang. Tak perlu bingung buat membedakanya dari F5/F5 6GB. Tinggal lihat punggungnya, handset ini tidak mempunyai garis antena perak seperti pada Oppo F5.

Buat kebutuhan swafoto, Oppo membekali F5 Youth dengan sensor 2.0μm 16-megapixel. Setting aperture di f/2.0-nya diklaim ‘ultra-sensitif’, menjanjikan hasil jepretan menawan meski kondisi pencahayaan saat itu kurang mendukung. Jika memang betul-betul membutuhkan bantuan lighting, F5 Youth memiliki fungsi Screen Flash. Lalu di belakang, Youth menyuguhkan sensor 13-mgapixel f/2.2 berfitur PDAF, touch focus, HDR, panorama, serta ditunjang pula oleh flash LED.

Di dalam, Anda akan menemukan SoC Mediatek MT6763T Helio P23 (CPU octa-core Cortex-A53 2,5GHz serta GPU Mali-G71 MP2), RAM 3GB, penyimpanan 32GB, serta baterai built-in 3200mAh. Dan sama seperti F5 dan F5 6GB, Oppo memanfaatkan sistem operasi racikan mereka ColorOS 3.2 di F5 Youth, yang merupakan hasil modifikasi dari Android 7.1 Nougat.

 

 

Oppo F5 6GB tersedia dalam pilihan warna hitam, emas dan merah; sedangkan ada opsi hitam dan emas buat F5 Youth. Harga dari ketiga smartphone ini bisa Anda lihat di bawah:

  • Oppo F5 Youth – Rp 3,6 juta
  • Oppo F5 – Rp 4 juta
  • Oppo F5 6GB – Rp 5,2 juta

Update: ada kesalahan dalam penulisan jumlah RAM Oppo F5 Youth, seharusnya 3GB. Sudah diperbaiki.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter