Membangun dan mengembangkan sebuah produk memiliki cara dan pendekatan masing-masing. Sebuah produk bisa saja lahir dari pengelaman pribadi pendirinya atau dari pengalaman orang lain yang kemudian ditransformasikan menjadi sebuah ide  dan dieksekusi. Siklus pengembangannya bermacam-macam. Demikian juga dengan pengembangan ide menjadi sebuah produk.

Berikut beberapa pendekatan yang bisa dipakai untuk menemukan ide terbaik dan dieksekusi untuk bisa menghasilkan produk yang sesuai.

Membaca situasi

Kebanyakan orang tidak langsung mengungkapkan masalah yang mereka hadapi. Jika ingin mendapatkan masalah dan menghadirkan solusinya berusaha untuk lebih peka dalam membaca situasi dan masalah. Membaurlah dengan teman, keluarga, atau target pasar yang ingin disasar. Pahami apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Jalin komunikasi dan hadirlah di posisi mereka agar bisa merasakan pengalaman langsung.

Ringkas dan validasi

Jika sudah menemukan gambara besar mengenai solusi yang ingin ditawarkan usahakan segera buat validasi. Untuk proses validasi ini, usahakan sediakan versi minimum dari gambaran besar yang didapat. Ini semacam meringkas ide besar menjadi sebuah ide yang lebih sederhana untuk bisa dipastikan bisa diterima pasar atau tidak.

Lemparkan versi beta ke pasaran

Selanjutnya untuk bisa mencari tahu minat terhadap solusi atau produk yang ditawarkan cek ombak bisa dilakukan dengan menghadirkan versi beta ke pasaran. Jika tidak ada yang tertarik pastikan segera mengubah haluan untuk mencari produk yang lebih diterima. Jika mendapat sambutan positif, pastikan untuk meminta umpan balik untuk mendapatkan sudut pandang pasar yang bisa jadi pertimbangan pengembangan selanjutnya.

Evaluasi

Evaluasi adalah bahan pokok untuk menjadikan sebuah produk lebih baik. Terlepas dari itu evaluasi juga dilakukan untuk menentukan apakah produk bisa menghasilkan dari segi pengalaman atau pun finansial bagi bisnis. Produk pada umumnya diputuskan untuk dilanjutkan pengerjaannya jika mendapatkan penerimaan yang bagus dari pasar. Selain mengembangkan produk yang harus dilanjutkan adalah bagaimana menghasilkan pundi-pundi rupiah dari produk tersebut.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.