Categories

Business

Peneliti MIT Pelihara 'Cheetah' di Kampus

Oki Rosgani - 30 September 2014

Sekelompok peneliti di Kampus MIT (Massachusetts Institute of Technology) telah memelihara seekor 'Cheetah' di kampus mereka. 'Cheetah' tersebut berkeliaran di sekitar kampus, apakah itu tidak membahayakan orang-orang disekitarnya? Tentu tidak, karena sejatinya itu adalah robot yang dikembangkan oleh para peneliti di MIT.

Dikembangkan atas kerja sama dengan DARPA/Boston Dynamics, (perlu kita tahu bahwa perusahaan Boston Dynamics kini telah diakuisisi oleh Google), perkembangan terbaru atas robot cheetah ini telah memiliki algoritma tertentu yang bisa mendeteksi kekuatan kaki ketika menyentuh tanah.

Walaupun disebut Cheetah, robot hewan ini tidak memiliki kecepatan berlari seperti layaknya hewan Cheetah sungguhan. Pada kontur lapangan rumput, robot ini hanya mampu berjalan dengan kecepatan 10 mil per jam atau hanya 16 km per jam saja.

 

Info menarik: Robot Printer Buatan Fuji Xerox Mampu Kirimkan Dokumen Langsung ke Tangan Anda

 

Sementara seperti kita tahu bahwa binatang Cheetah yang sebenarnya mampu berlari hingga kecepatan 120km per jam. Namun begitu, robot Cheetah ini memiliki gerakan kaki simultan yang sama dengan gerakan kaki hewan sungguhan. Sehingga robot ini menjadi robot pertama yang dikembangkan oleh MIT yang memiliki gerakan kaki yang serupa dengan hewan sungguhan serta memiliki tumpuan kaki yang kuat pada permukaan tanah.

Tidak hanya dapat berjalan dan berlari, robot Cheetah ini ternyata juga mampu untuk menghindar dari rintangan, sehingga dia akan melompat ketika menemukan rintangan yang ada di depannya saat berlari.

Sangbae Kim selaku Associate Professor pada proyek pengemangan robot tersebut mengatakan bahwa, sementara robot lain berjalan dan bergerak sangat lambat karena berat tubuhnya yang membuat sensor harus menjaga tubuhnya agar tidak terjatuh saat bergerak, robot Cheetah yang dikembangkan Kim dan timnya di MIT menggunakan motor listrik dengan density tinggi yang dikendalikan oleh amplifier agar robot cheetah tersebut dapat bergerak lebih cepat dengan stabilitas yang dapat dijaga.

Berikut ini adalah video robot Cheetah yang dikembangkan oleh MIT:

Sumber: TechgenMag.com | Gambar: MITNews

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter