Categories

Otomotif

Penerus Bugatti Veyron Kabarnya Usung Teknologi Mesin Hybrid 1.500 Tenaga Kuda

Yoga Wisesa - 2 July 2015

Istilah hybrid umumnya mengacu pada kendaraan yang menggunakan sumber tenaga berbeda, salah satunya adalah motor elektrik. Kemunculannya dimaksudkan buat mengurangi tingkat polusi, namun konsumen kelas supercar masih memandang mobil hybrid dengan sebelah mata. Padahal sejumlah nama otomotif raksasa telah mengkonfirmasi partisipasi mereka di lini itu.

Mungkin tidak mau kalah dari Koenigsegg yang beberapa bulan lalu memamerkan Regera – diklaim sebagai supercar hybrid terkuat di dunia – Volkswagen turut mengumumkan bahwa penerus Bugatti Veyron juga merupakan kendaraan hybrid, diberi label Chiron. Dan mewarisi prinsip ‘performa tinggi’ Automobiles Ettore Bugatti, Bugatti Chiron didesain untuk menyuguhkan daya tidak kurang dari 1.500 tenaga kuda.

Menariknya, sang boss Volkswagen Group Martin Winterkorn menerangkan bahwa selain model berbahan bakar besin, akan tersedia pula versi hybrid dengan tambahan performa untuk pertama kalinya. Penjelasan tersebut mengindikasikan terdapat dua varian pelanjut perjuangan Bugatti Veyron, di mana tipe hybrid yang menjadi primadona. ‘Chiron’ sendiri mungkin cuma codename, diambil dari nama pembalap Bugatti, Louis Chiron.

Bugatti Veyron Chiron 02

Chiron akan dipersenjatai mesin modifikasi Bugatti Veyron, W16 8-liter quad-turbocharged. Belum pasti apakah 1.500 horse power di atas ialah jumlah total kedua motor, atau malah dihitung berdasarkan kinerja mesin bensin saja. Jika benar begitu, maka Chiron berpotensi menyimpan tenaga lebih besar lagi. Kekuatan sebanyak itu memastikan supercar hybrid anyar Bugatti melesat dari nol sampai 100 kilometer per jam kurang dari dua detik. Kecepatan maksimal Chiron diperkirakan capai 480 km per jam.

Info menarik: Cuma Dibuat 6 Unit, Saksikan Koenigsegg One:1 Pecahkan Rekor Akselerasi

Dilaporkan oleh Digital Trends, model baru tersebut dijanjikan akan menjadi mobil produksi tercepat di jalan, tapi tetap handal buat dikendarai sehari-hari. Chiron menyajikan chassis monocoque (terintegrasi ke body) berbahan serat karbon dengan dua kursi, mirip Veyron. Bugatti juga mengkombinasi bermacam-macam material mewah serta membubuhkan teknologi dan konektivitas canggih.

Powertrain hybrid di dalam berfungsi mentenagai keempat roda melalui tujuh tingkat percepatan lewat transmisi otomatis dual-clutch. Nama LaFerrari dan McLaren P1 saat ini memang sedang mendominasi ranah supercar, tapi melihat spesifikasi dan kesamaan pendekatannya, Koenigsegg Regera adalah kompetitor terbesar Chiron.

Bugatti Chiron rencananya segera diungkap lebih resmi tahun 2016, dan dijadwalkan meluncur di 2017. Buat sekarang hanya ada gambar render Chiron hasil publikasi Car Magazine.

Bugatti Veyron Chiron 03

Via Car Advice.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter