Categories

Gadget

Pengalaman Bermain Game di OPPO Reno6, Genshin Impact Rata Kanan

Bermain tiga game populer yang mewakili tiga genre yang berbeda di Reno6

Lukman Azis - 25 August 2021

Sebelum pandemi terjadi, popularitas game mobile kompetitif dan industri eSports tengah mengalami perkembangan. Salah satu pendongkraknya ialah game bergenre MOBA dan battle royale seperti Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile. Saya masih ingat betul betapa antusias dan meriahnya saat nonton bareng grand final turnamen MPL season 1 di Mall Taman Anggrek.

Memasuki masa pandemi covid-19, aktivitas bermain game mobile pun meningkat pesat. Tak hanya untuk menghabiskan waktu luang di rumah sebagai alternatif hiburan, ada juga yang mengejar impian menjadi pemain eSport atau menjadi content creator.

Nah untuk memenuhi kebutuhan gaming, tentunya dibutuhkan smartphone yang tepat. Selain memiliki desain yang stylish dan kamera canggih, OPPO Reno6 juga digadang-gadang merupakan perangkat ideal untuk bermain game. Apa alasannya, mari bahas sambil saya main beberapa judul game.

Genshin Impact di OPPO Reno6

Saya mulai dari segi hardware, dapur pacu Reno6 ini mengandalkan chipset premium dari Qualcomm, Snapdragon 7 Series yakni Snapdragon 720G Mobile Platform. Dari sini saja sudah tergambar jelas performa dari Reno6, hampir semua game yang ada di Play Store dapat berjalan dengan baik.

SoC ini dibangun pada proses fabrikasi 8nm, dengan AI Engine generasi ke-5, dan didukung sejumlah fitur Snapdragon Elite Gaming. Memiliki octa-core Kryo 465 hingga 2,3GHz dan GPU Adreno 618. Serta, didukung RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB.

Untuk membuktikan performanya, saya mengujinya dengan Genshin Impact. Di Reno6, game action RPG Open World yang dikembangkan oleh miHoYo ini berukuran 11,3GB dan saya tak segan mengubah pengaturan grafisnya ke kualitas tertinggi (highest). Hasilnya visual game ini tampil sangat memukau di panel AMOLED 6,4 inci beresolusi FHD+.

Menurut sistem Genshin Impact, beban perangkat dengan konfigurasi rata kanan tersebut dinilai 'terlalu berat' di Reno6, yang mana berpotensi menimbulkan panas berlebih dan konsumsi dayanya lebih besar. Namun dari pengalaman yang saya rasakan, di frame rate 30fps gameplay masih berjalan cukup mulus tetapi agak tersendat bila memilih frame rate 60fps. Solusinya harus turunkan kualitas grafisnya dari tertinggi ke tinggi saja.

Saya tak perlu khawatir baterai cepat habis, karena beterai berkapasitas 4.310 mAh pada Reno6 didukung pengisian daya cepat 50W dan dapat diisi hingga 100% dalam 45 menit saja. Selain itu, berkat faktor bentuk ringkas dengan ketebalan hanya 7,8mm dan bobot ringan 173 gram, bermain game dalam jangka waktu yang lama tidak membuat tangan cepat pegal.

Game Kompetitif di OPPO Reno6

Berbeda dengan game open world yang bisa dimainkan dengan santai, game kompetitif membutuhkan kecepatan dan ketepatan. Saat ini, kita memang tidak kekurangan judul game kompetitif yang bisa dimainkan di smartphone, dua genre yang populer ialah MOBA seperti Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Vainglory, League of Legends, dan sebagainya. Sementara, untuk game battle ada PUBG Mobile, Free Fire, Fortnite, Call of Duty: Mobile, dan lainnya.

Untuk game MOBA, saya memainkan Mobile Legends pada Reno6 dan itu pun hanya beberapa match, rasanya sudah terlalu lemah untuk melakukan push solo rank. Saya hanya memastikan bahwa Reno6 memang optimal untuk bermain Mobile Legends dan kualitas grafisnya juga mendukung sampai ultra.

Pada game kompetitif, layar dengan refresh rate tinggi 90Hz dan touch sampling rate 180Hz pada Reno6 sangat berperan penting untuk meningkatkan peluang mendominasi permainan. Di mana kita bisa melihat berbagai efek dan gerakan cepat dengan baik, serta dapat melepas skill lebih tepat.

Selain itu, serangkaian fitur gaming-nya juga membantu kita mengerahkan segalanya. Pada Game Space, kita bisa memilih mode performa 'pro gamer' untuk mengeluarkan potensi penuh kekuatan Reno6. Kemudian ada game focus mode yang akan memblokir semua notifikasi. Fitur dapat diakses melalui Game Assistant, dengan cara usap bagian tepi kiri layar pada permainan. Mode ini akan meminimalisasi notifikasi termasuk panggilan, navigasi gesture, alarm, Game Assistant, dan bahkan petunjuk volume di layar.

Beralih ke game battle royale, PUBG Mobile masih menjadi game favorit yang rutin saya mainkan setiap minggu. Di Reno6, kualitas grafisnya mendukung sampai HD dan frame rate high atau bisa pakai konfigurasi grafis balance dengan frame rate ultra.

Tak seperti game MOBA yang menuntut kita mengeluarkan upaya terbaik dari awal, di game battle royale PUBG Mobile terutama mode classic, pertempurannya tidak terlalu intens di awal. Di Reno6 ada fitur Bullet Screen Message, di mana kita bisa membalas chat sambil looting tanpa harus meninggalkan permainan. Aplikasi yang didukung meliputi WhatsApp, Telegram, LINE, Messenger, dan SMS.

Kesimpulannya tiga game populer yang mewakili tiga genre yang berbeda dapat berjalan dengan baik di OPPO Reno6. Rangkaian fitur gaming-nya menjadikannya perangkat yang ideal untuk gaming, baik yang bermain untuk merintis masuk di dunia eSport atau yang sekedar bermain game untuk hiburan. Sebagai pengingat, OPPO Reno6 sendiri merupakan smartphone kelas menengah yang dibanderol tidak terlampau mahal yakni Rp5.199.000. Bila budget Anda lebih dari itu, Reno6 5G Series yang terdiri dari Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G juga bisa menjadi alternatif lain yang lebih mahal dan powerful.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter