Pengaruh Kompetisi Terhadap Perkembangan Startup

Pengaruh Kompetisi Terhadap Perkembangan Startup

Di satu sisi bisa membantu perusahaan, tetapi di sisi lain tidak menjamin penerimaan masyarakat terhadap layanan
Kompetisi startup bisa berdampak positif bagi pertumbuhan, tapi tidak menjamin penerimaan masyarakat / Shutterstock
Kompetisi startup bisa berdampak positif bagi pertumbuhan, tapi tidak menjamin penerimaan masyarakat / Shutterstock

Kompetisi startup bisa berdampak positif bagi pertumbuhan, tapi tidak menjamin penerimaan masyarakat / Shutterstock

Ajang kompetisi startup yang melibatkan startup lokal sudah banyak digelar, baik yang berskala nasional hingga ajang kompetisi yang mencakup lingkup global. Kompetisi startup bukan hanya bisa membangun perusahaan, namun juga bisa menciptakan inovasi baru dan kesempatan untuk mendapatkan dana segar dari investor. Di satu sisi kompetisi startup bisa membantu perusahaan, tetapi di sisi lain sekedar kompetisi tidak menjamin penerimaan layanan di masyarakat.

Saat ini sudah banyak ajang kompetisi startup yang merangsang ide-ide baru. Apa pun industri Anda jika Anda memiliki ide yang unik dan diminati oleh pasar, responnya cenderung postif. Mengikuti kompetisi startup merupakan kesempatan emas bagi perusahaan startup baru dan yang sudah berjalan untuk mendapatkan dana tambahan.

CEO eFishery Gibran Huzaifah yang sempat memenangkan kompetisi global Get in The Ring 2014 mengamini hal ini. Ia berujar, “Beberapa kompetisi startup bisa membantu dalam menyediakan dana segar baik dalam bentuk hadiah/grant maupun funding. Keduanya cukup membantu startup di early stage untuk mengembangkan produk maupun mengakuisisi early adopters, tanpa proses fundraising yang rumit.”

Ajang kompetisi juga merupakan kesempatan yang paling baik untuk mempromosikan produk dan mendapatkan masukan atau input, baik dari khalayak umum hingga mentor-mentor terbaik di dunia teknologi.

Tujuan utama mengkuti kompetisi startup tentunya adalah mendapatkan dana segar, namun kesempatan ini juga bisa digunakan untuk marketing yang bisa menambah nilai value brand perusahaan startup Anda. VP R&D Saint-Gobain/CertainTeed Corporation Minas Apelian menuliskan tiga hal bermanfaat yang bisa diperoleh dari ajang kompetisi startup:

1. Pengaruh positif dari penyelenggara, investor, dan media

Perusahaan yang menggelar ajang kompetisi startup biasanya adalah perusahaan besar yang memiliki kredibilitas terdepan di bidangnya. Perusahaan ini memiliki brand value yang sudah memiliki target pasar dengan jumlah yang tinggi.

Ketika perusahaan ini menggelar ajang kompetisi startup dengan memberikan hadiah, artinya target startup yang Anda miliki sudah bersinergi dengan entitas yang lebih besar.

Selain memudahkan target pasar Anda, para investor yang tertarik untuk memberikan dana segar juga akan mudah dikenali sesuai dengan nilai-nilai dan latar belakang dari startup yang Anda miliki. Media pun secara langsung akan meliput startup Anda.

2. Akses langsung dengan ahli pemasaran

Kompetisi startup memastikan bahwa Anda tidak akan kehilangan saat-saat penting dalam karir startup Anda. Kompetisi ini akan mempertemukan Anda dengan pihak-pihak terkait yang dapat membantu usaha Anda di jalan begitu juga dengan cara pembuktian yang berbeda.

Buatlah prioritas untuk menjalankan strategi pemasaran Anda. Masukan dan panduan dari dewan juri dan penyelenggara bisa membantu usaha Anda untuk kesuksesan jangka panjang.

3. Membangun jaringan

Semua wirausahawan tentu setuju salah satu cara sukses untuk masa depan startup adalah kesempatan untuk bertemu langsung dengan pemain di ekosistem dan membangun jaringan. Membina koneksi yang baik dengan perusahaan yang besar bukan hanya kesempatan yang baik tapi juga secara jangka panjang dapat menambah umur usaha startup Anda.

Kesempatan ini juga dapat membantu anda untuk menambah staf, pengembangan platform, penjualan, dan banyak hal  lain. Ajang kompetisi juga bisa menjadi kesempatan yang bagus bertemu langsung dengan sesama pemilik perusahaan startup, membicarakan tantangan dan masalah yang dialami satu sama lainnya.

Ajang kompetisi startup memang memberikan pengaruh yang positif untuk brand Anda, namun CEO Bukalapak Achmad Zaky mengingatkan ketika Anda berhasil memenangkan kompetisi atau produk Anda mendapat pujian dari pihak lain jangan besar kepala dan berpuas diri dahulu.

“Saya sih dulu waktu mahasiswa rajin ikut kompetisi, bahkan menjuarai beberapa kompetisi. Tapi kompetisi tidak menjadi jaminan sebuah startup sukses atau akan mudah mendapatkan pendanaan. Justru yang terjadi kadang sebaliknya, karena merasa senang, jadinya sok hebat dan berpuas diri. Intinya sih, jangan berpuas diri kalaupun ikut kompetisi menang, fokus ke customer, grow customer and your business,” ucap Zaky.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Tips
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…