Mengupas Pengembangan Teknologi “Face Recognition” dalam Nodeflux TechTalk

Mengupas Pengembangan Teknologi “Face Recognition” dalam Nodeflux TechTalk

Berdiskusi bersama AI Research Group Lead Nodeflux Alvin Prayuda dan Engineering Manager Nodeflux Ilham Imaduddin
TechTalk diadakan di kantor Nodeflux di daerah Kemang / Nodeflux
TechTalk diadakan di kantor Nodeflux di daerah Kemang / Nodeflux

Pekan lalu (20/11), startup pengembang layanan berbasis kecerdasan buatan Nodeflux mengadakan forum diskusi interaktif bertajuk “Nodeflux TechTalk”. Tujuannya untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar tren pemanfaatan AI untuk berbagai kebutuhan. Acara perdana ini mengambil tema “How We Engineered Our Face Recognition and Bring It to World-Class Standard”.

Ada dua pembicara yang dihadirkan, yakni AI Research Group Lead Nodeflux Alvin Prayuda dan Engineering Manager Nodeflux Ilham Imaduddin.

Lewat presentasinya, Alvin menjelaskan bagaimana algoritma pembelajaran mendalam (deep learning) digunakan dalam pengembangan platform pengenalan wajah (face recognition). Secara teknis, penerapan metode ini menghasilkan serangkaian angka unik yang merepresentasikan karakteristik objek wajah yang dipindai. Metode lain yang digunakan dalam face recognition adalah embedding, memberikan efisiensi untuk mengenal wajah secara massal.

Deep learning dalam face recognition itu ada pipeline-nya, di mana awalnya kita menangkap gambar wajah, kemudian menentukan landmark-nya dan menghasilkan angka unik yang merepresentasikan seseorang ini, yang pada akhirnya mendefinisikan wajah itu adalah wajah si X,” jelas Alvin.

Dilanjutkan sesi Ilham yang membahas detail mengenai metode embedding. Ia mengawali dengan memaparkan tantangan implementasinya, yakni pada percepatan proses dan pengelolaan arus data yang sangat besar. Hal itu dapat diantisipasi dengan sistem komputer yang dapat bekerja secara efisien, didukung representasi algoritma dalam kode secara efektif.

Ia pun turut menyampaikan manfaatnya, “Dari sebelumnya dapat memakan waktu hampir 43 detik untuk memproses data, dengan metode baru, proses ini berhasil dipercepat berkali lipat. Dan salah satu pencapaian kami dapat mengidentifikasi wajah dari 150 juta data facial embedding dalam 60 milidetik. Kami bekerja sama dengan NVIDIA, guna mencari cara lain untuk mengoptimalkan AI agar memberikan manfaat yang lebih baik.”

Bentuk implementasi teknologi face recognition dapat menjangkau berbagai area, termasuk digunakan untuk solusi keamanan dan keselamatan publik. Misalnya diaplikasikan secara real-time untuk memproses data dari CCTV, sistem absensi, dan smart building.

Melihat antusias yang cukup tinggi, ke depannya acara Nodeflux TechTalk akan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan, serta terbuka untuk seluruh pemangku kepentingan baik dari pemerintah, universitas, swasta, komunitas, maupun media untuk turut berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar AI.

Disclosure: DailySocial merupakan media partner Nodeflux TechTalk

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…