12 January 2015

by Bambang Winarso

Pengertian dan Cara Mengatasi Bootloop di Android

Bootloop adalah masalah pada piranti lunak Android yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem, ciri khasnya perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang.

Jika perangkat Android mengalami bootloop, jangan panik apalagi menangis. Jangan buru-buru ke counter handphone dan membayar ratusan ribu, karena Anda pasti bisa kok mengatasi bootloop seorang diri. Bootloop sendiri ada dua macam yang dibedakan atas tingkat kerusakannya (berdasarkan pengalaman penulis, beberapa orang membedakannya menjadi tiga).

Pertamalight bootloop atau bootloop ringan. Biasanya bootloop ini hanya bersifat sementara, kadang-kadang saja kumatnya. Kedua, hard bootloop atau bootloop parah yang ditandai dengan kegagalan masuk ke sistem secara permanen walaupun sudah dicoba berulang kali.

 

Info Menarik:Game Android Pilihan 5 – 11 Januari 2015

 

Cara mengatasi bootloop Android

Setelah Anda ketahui apa itu bootloop dan jenisnya, sekarang kita akan coba mengetahui bagaimana cara mengatasi bootloop di Android.

Baik bootloop ringan ataupun berat sama-sama membutuhkan penanganan. Bootloop ringan walau Anda anggap tidak menggangu namun suatu saat akan menjadi parah yang tetap akan merepotkan. Jadi, ada baiknya untuk diperbaiki sebagaimana yang direkomendasikan.

Mengatasi bootloop ringan

Untuk memperbaiki perangkat yang mengalami bootloop ringan tidak diperlukan langkah-langkah teknis. Matikan perangkat Anda (jika hidup) kemudian cabut memori, kartu dan baterai. Kemudian diamkan selama 30 menit sampai 24 jam. Setelah itu pasang dan hidupkan kembali. Lalu amati, jika masalah bootloop masih terjadi maka lanjutkan ke solusi kedua.

 

Info Menarik:Aplikasi Android Pilihan 5 – 11 Januari 2015

 

Mengatasi bootloop parah

Mengatasi bootloop parah baru memerlukan langkah-langkah teknis.

  • Salah satu cara untuk mengatasi bootloop adalah kembali ke pengaturan pabik atau factory reset. Tapi bagaimana caranya sedangkan ponsel gagal booting. Nah, solusinya kita harus masuk ke Recovery Mode.
  • Untuk masuk ke recovery mode biasanya dapat dilakukan dengan menekan tombol Home + Volume Up + Power secara bersamaan, namu setiap merk caranya beda-beda. Berikut adalah daftar cara masuk ke recovery mode berdasarkan merk yang saya ketahui:
Samsung Galaxy Gio / Fit / Mini / ACE: Home + tombol Power Galaxy Young / young duos / Pocket: Tekan tombol Home + Volume Up + Power HTC Power + Volume Down + Power On (secara bersamaan sampai muncul recovery mode) HUAWEI tombol Power + volume up + Tombol Power LG tombol Home + Volume Up + Power Andromax tombol Home + Volume Up + Power ADVAN VANROID Power + Tekan Volume Down sampai keluar gambar Android dan tanda segitiga lalu tekan tomboh Home CROSS Power + Volume DOWN
  • Sekarang silahkan dicoba sesuai dengan merk masing-masing, jika berhasil Anda akan melihat gambar seperti ini. Gunakan tombol volume untuk menggerakkan kursor dan tombol Power untuk mengesekusi. Dimulai dengan mengarahkan kursor ke Wipe data/factory reset dan tekan tombol power.

 

 

Info Menarik: Jide Ultra Tablet, ‘Microsoft Surface’ Rasa Android

 

  • Kemudian arahkan kembali kursor ke Yes --- delete all user data dan tekan tombol power. Berikutnya perangkat akan memproses permintaan reset yang Anda minta. Beberapa perangkat ada yang langsung restart, tapi beberapa lainnya hanya memberi informasi selesai.

  • Jika perangkat tidak restart, arahkan kursor ke opsi reboot system now dan tekan tombol power. Sampai di sini tugas Anda sudah selesai separuhnya, setelah perangkat berhasil restart dan masuk ke sistem. Tugas baru pun menanti.

Langkah berikutnya relatif mudah, silahkan atur kembali akun Anda, kemudian unduh aplikasi-aplikasi yang Anda inginkan atau restore hasil backup jika punya.

Sumber gambar header Shutterstock.


Temukan tutorial Android lainnya di artikel-artikel berikut:

Cara Membuat Broadcast Message di WhatsAppCara Membuat Grup BBM AndroidCara Mengubah Tampilan Smartphone Android Menjadi Seperti Xiaomi Tanpa Root[Panduan Pemula] Cara Memblokir Feed Update Status Teman di BBM Android3 Cara Membuka Smartphone Android yang Terkunci (Lupa Password)Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Dengan Aplikasi Greenify