1. DScovery

Pengertian Kewirausahaan: Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Ide Usaha

Dengan ilmu tentang kewirausahaan, proses bisnis pada suatu usaha akan dirasa semakin mudah. Berikut ini adalah pembahasan seputar kewirausahaan.

Istilah kewirausahaan pasti telah menjadi suatu hal yang familier bagi kamu, terlebih jika kamu merupakan seseorang pegiat bisnis. Walaupun begitu, masih banyak mungkin dari kamu yang belum tahu dengan pasti apa itu kewirausahaan. Secara umum, kewirausahaan akan sangat berhubungan dengan bisnis.

Dengan ilmu tentang kewirausahaan, proses bisnis pada suatu usaha akan dirasa semakin mudah. Kewirausahaan pun mungkin dapat kamu temui sebagai suatu mata pelajaran maupun mata kuliah.

Apakah kamu ingin mengetahui lebih banyak seputar kewirausahaan? Berikut ini adalah pembahasan seputar kewirausahaan yang layak untuk kamu ketahui. 

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Ide Usaha | Nappy Pexels

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kewirausahaan diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan aktivitas wirausaha. Wirausaha menurut KBBI sendiri adalah orang yang memiliki kecerdikan dalam mengenali inovasi produk baru, cara produksi baru, aspek operasional untuk produk baru, serta mengatur pemasaran dan pendanaan produk tersebut.

Dengan begitu, wirausaha dapat diartikan sebagai suatu aktivitas dalam mengelola proses bisnis dari produk baru baik itu dari segi proses produksi, pemasaran, hingga pendanaan. Dalam bahasa Inggris, kata kewirausahaan memiliki persamaan arti dengan kata “entrepreneurship”.

Kata entrepreneurship merupakan kata yang berasal dari bahasa Perancis yakni entreprende yang artinya petualang, pencipta, dan pengelola usaha. Dapat disimpulkan sebenarnya kewirausahaan adalah suatu aktivitas mengelola sumber daya –pada misalnya sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, teknologi dan banyak sumber daya lainnya– untuk mencapai suatu maksud atau tujuan tertentu. 

Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli

Pengertian Kewirausahaan, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Ide Usaha | Brooke Cagle Unsplash

Nah, sebelumnya kamu mungkin telah mempelajari mengenai pengertian umum dari kewirausahaan. Namun, apakah kewirausahaan hanya meliputi seputar berjalannya kegiatan bisnis saja? Tentu saja tidak.

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari kewirausahaan menurut para ahli yang dapat menambah pengertian kamu akan kewirausahaan.

Thomas W. Zimmerer

Menurut Thomas W. Zimmerer, kewirausahaan adalah suatu penerapan dari inovasi serta pola pikir kreatif untuk mendapatkan solusi atas peluang yang hadir.

Richard Cantillon (1775)

Richard Cantillon (1775) mendeskripsikan pandangannya mengenai kewirausahaan, bahwa kewirausahaan adalah suatu tindak seseorang yang mau untuk mengambil risiko dan menghadapi ketidakpastian. Contoh kasus yang Richard ceritakan adalah terdapat suatu pengusaha yang melakukan pembelian barang di saat ini kemudian menjual barang tersebut di masa mendatang dengan harga yang tidak pasti.

Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer (1996)

Menurut Zimmerer, T., dan Scarborough, N. M. (1996), kewirausahaan adalah suatu proses untuk menciptakan hal yang berbeda dengan jalan mengabdikan waktu, tenaga, pikiran juga dengan menanggung risiko –baik itu keuangan, sosial, maupun kejiwaan– kemudian mendapat imbal jasa dalam bentuk uang dan/atau kepuasan pribadi.

Dengan begitu, kita dapat menyimpulkan bahwa kewirausahaan tidak hanya berfokus akan bagaimana terbukanya suatu bisnis baru. Akan tetapi, kewirausahaan juga menggarisbawahi bahwa seorang wirausaha merupakan seseorang yang berani mengambil risiko, pintar memanfaatkan peluang, rasa bertanggung jawab, dan banyak sifat kewirausahaan lain.

Manfaat Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Ide Usaha | Luis Quintero Pexels

Seseorang yang memiliki sifat kewirausahaan dapat memperoleh berbagai manfaat yang akan berdampak bagi seseorang tersebut secara pribadi maupun bagi masyarakat luas. Nah, ini adalah beberapa manfaat dari kewirausahaan.

Terbukanya Lapangan Pekerjaan

Dengan berkembangnya kewirausahaan dalam diri maupun suatu kelompok, akan hadir usaha baru pada masyarakat. Suatu usaha tentunya akan membutuhkan Sumber Daya Manusia untuk dapat berjalan. Munculnya usaha ini akan menimbulkan kebutuhan pekerja sehingga lapangan pekerjaan pun akan terbuka.

Ikut Membantu Pertumbuhan Ekonomi Negara

Kewirausahaan akan mendorong terciptanya bisnis usaha baru sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara. Selain itu, terserapnya pekerja melalui usaha baru akan membantu perekonomian masyarakat

Dapat Mengembangkan Cita-Cita dan Usaha yang Disukai

Melalui sifat kewirausahaan, kamu dapat mengembangkan bisnis sesuai dengan bidang yang kamu sukai dan minati. Dengan hadirnya bisnis yang kamu sukai ini, kamu akan juga akan menjalankan bisnis tersebut dengan senang hati.

Dapat Melihat Berbagai Peluang yang Menguntungkan 

Ketika berbisnis dan berwirausaha, kamu sangat disarankan untuk melakukan riset mengenai hal apa yang diminati oleh pasar.  Mengapa demikian? Riset pasar akan membuat kamu mengetahui lebih baik terkait hal yang menjadi tren di masyarakat. Salah satu sifat yang menonjol dari seorang wirausaha adalah dapat memanfaatkan peluang dengan baik.

Nah, setelah mengetahui trend yang berkembang pada masyarakat, pengusaha dapat mengambil keputusan sesuai dengan dengan permintaan maupun yang ada pada masyarakat. 

Konsep-konsep Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Ide Usaha | Tim Mossholder Unsplash

Dalam kewirausahaan terdapat teori mengenai beberapa konsep yang ada dalam kewirausahaan. Kewirausahaan memiliki 5 konsep yakni kelincahan, daya tahan, kecepatan, kelenturan, dan kekuatan. Berikut ini adalah penjelasan dari 5 konsep kewirausahaan.

Kekuatan (Strength)

Konsep kekuatan dalam kewirausahaan dapat diartikan sebagai aspek kondisi fisik yang mampu menyokong kegiatan kewirausahaan. Unsur kekuatan ini dianggap merupakan salah satu konsep yang penting karena dengan kekuatan fisik, konsep kewirausahaan lain –seperti kelincahan, kecepatan, dan lain sebagainya– dapat meningkat.

Kecepatan(Speed)

Konsep kecepatan merupakan aspek lain yang tidak kalah penting dalam kewirausahaan. Kecepatan adalah suatu kemampuan dari seseorang untuk dapat bergerak atau melakukan perpindahan dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Walaupun begitu, aspek kecepatan ini tidak hanya terpaku pada aspek gerak fisik saja.

Seorang dengan sifat kewirausahaan tinggi akan memerlukan kecepatan berpikir untuk dapat mengembangkan inovasi dan bersaing dengan kompetitor..

Daya tahan (Endurance) 

Daya tahan adalah suatu keadaan yang berfokus pada kapasitas kerja yang terjadi secara terus menerus. Konsep ini dianggap penting dalam suatu kewirausahaan karena dengan adanya daya tahan maka perusahaan akan bertahan dari segala gempuran akibat perubahan situasi dan kondisi yang mungkin saja terjadi.

Contohnya saat ini banyak sekali usaha yang terpaksa gulung tikar akibat adanya pandemi. Dengan aspek daya tahan, wirausaha diharapkan mampu memberikan antisipasi akan adanya perubahan tidak terkendali dan mampu mempertahankan usahanya.

Kelincahan (Agility)

Aspek kelincahan merupakan suatu kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah gerakan dengan cepat dan tepat tanpa kehilangan keseimbangan. Melalui konsep kelincahan ini, wirausahawan dapat selalu beradaptasi untuk dapat melihat potensi hal baru yang mungkin dapat menimbulkan disrupsi.

Pada contohnya, Kodak, merek kamera film yang sangat sukses pada masanya, nama brand-nya kian meredup setelah maraknya kamera digital. Hal ini terjadi sekiranya karena Kodak kurang lincah dalam beradaptasi dengan temuan baru yang ada pada masyarakat.

Kelenturan (Flexibility) 

Kelenturan adalah ketika seseorang dapat menyesuaikan dengan apapun yang terjadi dalam hidupnya. Aspek kelenturan ini juga akan menentukan kemampuan seorang wirausahawan dalam beradaptasi terkait lingkungan bisnis yang tidak terduga.

Sifat dan Karakteristik Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Ide Usaha | Rodnae Productions Pexels

Seorang wirausahawan memiliki berbagai sifat tertentu sehingga usaha yang dikembangkan oleh wirausaha dapat selalu berkembang. McClelland, seorang ahli dalam bidang ekonomi, mengemukakan terdapat beberapa ciri karakteristik dan sifat penting dalam kewirausahaan. Berikut ini adalah sifat kewirausahaan menurut McClelland.

Keinginan untuk Mencapai Prestasi

Seseorang yang memiliki sifat kewirausahaan harus memiliki keinginan untuk dapat mencapai tujuan atau prestasi yang tinggi. Dengan sifat ini, wirausaha akan dapat menyusun tujuan yang pas untuk usahanya dan memiliki keinginan tinggi untuk mencapai tujuan tersebut.

Antisipasi Risiko

Risiko dapat diartikan sebagai suatu peluang akan terjadinya sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Nah, seorang wirausahawan harus mampu melakukan prediksi atas kemungkinan yang tidak sesuai rencana tersebut.

Pada misalnya, kamu memiliki bisnis yang terdampak pandemi. Kamu harus dapat memitigasi risiko yang mungkin terjadi atas pandemi ini.

Optimisme dan Kepercayaan Diri yang Tinggi

Sifat kewirausahaan yang tidak kalah penting selanjutnya adalah optimisme yang tinggi. Tingkat optimisme yang tinggi akan membuat wirausahawan semakin semangat untuk mencapai cita-cita serta tujuan yang selama ini ia idam-idamkan. Dengan kepercayaan diri yang tinggi ini pun wirausahawan akan menciptakan produk yang memiliki kualitas yang baik.

Memiliki Semangat Tinggi

Semangat yang tinggi akan sangat baik dalam kewirausahaan karena dengan semangat yang tinggi seorang wirausahawan akan menjalankan proses bisnis dengan baik. Selain itu, dengan tubuh yang enerjik, wirausahawan akan mampu memberikan ide inovasi yang segar dan sesuai dengan permintaan konsumen.

Menerima Kritik dengan Baik

Sikap yang baik akan adanya kritik juga merupakan salah satu aspek kewirausahaan yang penting. Seorang wirausahawan akan memberikan respons akan kritik dengan baik dan menjadikan kritik tersebut sebagai suatu bahan evaluasi atas tindakan kewirausahaan selanjutnya.

Orientasi pada Masa Depan

Kewirausahaan akan sangat berkaitan dengan sustainability dari usaha yang kita bangun. Untuk dapat membuat usaha bertahan dalam jangka waktu yang panjang, maka wirausahawan perlu untuk berorientasi jauh ke masa depan. Seorang wirausaha perlu untuk memperhitungkan kondisi masa depan dari perusahaan sehingga dapat beradaptasi, berinovasi, dan memitigasi risiko dengan baik.

Memiliki Keterampilan dalam Mengelola Sumber Daya

Kewirausahaan merupakan suatu aktivitas dalam mengelola sumber daya baik itu sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya modal. Tentunya, sifat dan karakteristik dalam mengelola sumber daya dengan baik merupakan salah satu sifat kewirausahaan yang penting. 

Manajemen Keuangan yang Baik

Manajemen keuangan dan sikap atas uang yang baik merupakan sifat atau karakter yang perlu juga dimiliki oleh wirausahawan. Aspek ini tidak hanya meliputi bagaimana seseorang mengelola uang untuk bisnis saja (pada misalnya penghitungan laba, forecasting, dan aspek operasional lainnya).

Akan tetapi, juga terkait dengan pengelolaan uang terkait dengan nilai moral. Jangan sampai dana finansial disalahgunakan untuk sesuatu yang tidak baik.

Tinggi Keinginan untuk Bertanggung jawab

Dalam berwirausaha, kamu harus memiliki rasa komitmen serta tanggung jawab yang tinggi. Suatu usaha harus dijalankan dengan rasa penuh tanggung jawab sehingga dapat berjalan dengan baik. Tanggung jawab pun tidak hanya seputar tanggung jawab tugas saja akan tetapi tanggung jawab sumber daya serta pengelolaan hasil sumber daya tersebut.

Ide Usaha untuk Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Ide Usaha | Rodnae Productions Pexels

Kamu ingin memulai usaha dan mengembangkan sifat kewirausahaan namun bingung ingin memulai ide usaha apa dan bagaimana caranya? Berikut ini ada beberapa ide jenis usaha jasa yang mungkin ingin kamu gunakan sebagai bahan referensi kamu!

Masih banyak sekali ide usaha kewirausahaan yang dapat kamu terapkan jika kamu ingin memulai usaha.  Nah, itu tadi adalah pembahasan seputar kewirausahaan baik itu pengertian, manfaat, sifat, dan ide usaha.

Apakah kamu berniat untuk mengembangkan karakteristik kewirausahaan dalam diri kamu? Jangan khawatir karena sifat-sifat kewirausahaan dapat dilatih dan diimplementasikan demi kehidupan berwirausaha yang lebih baik!

Referensi:

Zimmerer, T., & Scarborough, N. M. (1996). Entrepreneurship and new venture formation. Prentice Hall. 

Cantillon, R. (1775). The circulation and exchange of goods and merchandise. Essai sur la Nature du Commerce en Général.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again