1. Lifestyle

Penggalangan Dana Hadiah Turnamen Dota 2 The International 2014 Tembus US$ 6 Juta

Setelah diklaim berkali-kali bahwa masa kejayaan industri PC akan segera berakhir, ia tidak berhenti mengejutkan kita. Beberapa proyek game crowdfunding terbesar sukses untuk platform ini, kesuksesan yang sama diikuti oleh program galang dana turnamen The International 2014. Hanya beberapa minggu setelah diluncurkan, uang sudah terkumpul US$ 6 juta.

Itu artinya, jumlah tersebut merupakan rekor baru total hadiah turnamen eSport global yang pernah ditawarkan kepada para gamer. Hadiah turnamen Dota 2 terbesar yang diadakan tahun lalu, The International 2013, terhitung sebesar US$ 2,87 juta. Angka ini sendiri belum bisa dikalahkan oleh total hadiah yang ditawarkan oleh permainan eSport terbesar di dunia, League of Legends.

 

Info menarik: Steam Machines Besutan Alienware Akan Dibanderol Dengan Harga Murah?

 

Bahkan jika kita menjumlahkan total hadiah dalam League of Legends World Champion Season 2 dengan Season 3, angka tersebut masih terlihat 'kecil' dibandingkan dari apa yang The International 2014 tawarkan. Dan US$ 6 juta dolar berarti total hadiah tersebut dua kali lebih banyak dibandingkan turnamen tahun lalu.

Sebagai metode pengumpulan dana, Valve menawarkan sebuah buku interaktif bernama The Compendium bagi para fans Dota 2. Buku digital ini berisi data statistik profil berbagai tim eSport Dota 2 berprestasi. Bukan hanya informasi, The Compendium menawarkan beberapa misi yang bisa Anda selesaikan.

Misi-misi ini - seperti memilih tim dan pemain favorit, memprediksi siapa yang masuk ke dalam kualifikasi dan turnamen - akan memberikan Anda poin untuk meng-upgrade The Compendium. Tiap 100 poin, Anda berkesempatan untuk mendapatkan bonus treasure immortal, opsi kustomisasi khusus hingga Battle Point Booster.

Untuk tiap satu The Compendium yang Anda beli seharga US$ 10, US$ 2,5 akan disumbangkan pada pool hadiah The International 2014. Itu artinya Valve bukan hanya mencari keuntungan semata, tetapi memberi kesempatan bagi fans Dota 2 untuk berpartisipasi langsung dalam turnamen ini, dimana pun mereka berada.

 

Info menarik: Game DreadOut Siap ‘Menghantui’ Pengguna Steam

 

Untuk tempat penyelenggaraannya, Valve memilih aula raksasa KeyArena di kota Seattle, Washington. The International 2014 akan berlangsung pada tanggal 18 hingga 21 Juli, sebelas tim akan mendapatkan undangan langsung untuk perpartisipasi di sana. Babak kualifikasi regional sendiri sudah dilakukan dari semenjak tanggal 12 hingga 25 Mei.

Dengan US$ 6 juta, maka banyak sekali target stretch yang telah terpenuhi, dan mengubah permainan ini menjadi lebih canggih: Base Customization, Environment Effects, sistem matchmaking baru hingga theme-song baru. Lalu apakah Valve berpuas diri karena berhasil mengumpulkan uang sebanyak itu?

Tidak juga, mereka telah meng-update jumlah target dana yang sangat ambisius: US$ 10 juta, dengan sembilan target stretch baru. Jika berminat, Anda bisa membeli The Compendium di sini.

Via The Verge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again