8 November 2013

by Bambang Winarso

Pengguna Android Kini Bisa Import SMS dan MMS ke Google Hangouts

Menjawab rumor yang sebelumnya sempat beredar, Google akhirnya benar-benar merilis update terbaru yang memungkinkan pengguna Google Hangouts berbasis Android untuk mengintegrasikan SMS dan MMS ke akun mereka.

Fitur ini merupakan salah satu pembaharuan yang paling ditunggu oleh jutaan pengguna Google Hangouts, dan sekarang harapan jutaan pengguna smartphone Android yang setia dengan Hangouts bisa meng-import semua pesan SMS ke akun Google Hangouts mereka dan mulai melakukan percakapan di sana bersama teman atau kerabat.

Atau dapat diartikan kini pengguna dapat menggunakan Hangouts sebagai aplikasi default yang merupakan kombinasi dari aplikasi pesan teks atau gambar dan juga pesan berbasis web secara bergantian.

Google tak hanya memanjakan pengguna Hangouts dengan dukungan SMS dan MMS, ada lagi fitur animasi format GIF dan juga informasi lokasi yang dapat dibagikan dengan satu gerakan tap. Fitur yang disebutkan terakhir ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi lokasi Anda berupa peta ke dalam percakapan hanya dengan satu gerakan tap.

Kemudian ada lagi fitur Device, in-call dan mood status yang masing-masing memudahkan pengguna untuk berbagi berupa informasi perangkat yang digunakan, apakah sedang melakukan panggilan atau sekedar berbagi suasana hati.

Itu tadi berita baiknya, berita buruknya fitur terbaru berupa dukungan SMS dan MMS hanya berlaku untuk perangkat yang beroperasi dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas. Sementara untuk versi di bawah ICS hanya bisa menikmati update terbaru lainnya.

Pengguna iOS dapat berita yang lebih buruk, sebab platform ini hanya mendapatkan update device, in-call dan mood status. Tapi jangan berkecil hati, mungkin saja ini hanya untuk sementara sebab versi untuk Android dan iOS memang berbeda. Hangouts untuk Android sudah versi 2.0 sedangkan untuk iOS baru versi 1.3.1.

Sumber berita Phonearena dan Androidpolice.