Categories

Mobile

Pengguna Chrome Android Kini Bisa Terima Notifikasi dari Facebook

Bambang Winarso - 16 September 2015

Dalam konferensi @Scale kemarin waktu setempat, Facebook mengungkapkan dirinya telah bergabung dengan eBay, Pinterest dan Vice dalam memanfaatkan fitur baru Chrome yang memungkinkan mereka mengirimkan notifikasi ke pengguna Chrome Android.

Artinya, pengguna Facebook yang mengakses layanan dari Chrome versi Android dapat memilih untuk menerima notifikasi apabila seseorang menandai, menyebut atau mengirimkan pesan kepada mereka. Notifikasi ini akan ditawarkan melalui popup saat pengguna mengakses Facebook, dan tetap akan muncul kendati pengguna tidak memasang aplikasi Facebook di ponselnya.

Google pertama kali mengumumkan pengembangan dukungan push API untuk pihak ketiga di Chrome pada bulan April lalu. Saat itu eBay dan Vice News bersedia menjadi rekanan dan berkomitmen menerapkannya sebagai standar baru.

Facebook sendiri yang baru bergabung menjelaskan bahwa tujuan dari notifikasi melalui Chrome ini adalah untuk memberikan pengalaman yang menyatu ketika pengguna mengakses layanan mereka dari platform yang berbeda. Memberikan pengalaman yang kurang lebih sama kepada pengguna situs mobile dan pengguna aplikasi aslinya.

Info Menarik:Aplikasi Android Kini Bisa Dijalankan di Desktop via Browser Chrome

Fitur notifikasi di Chrome ini dinilai sebagai terobosan yang perlahan dapat mengeliminasi perbedaan antar pengguna. Terutama bagi pengguna yang mempunyai perangkat dengan kemampuan terbatas serta biaya internet yang masih mahal.

Aplikasi Facebook selain menuntut perangkat yang cukup handal, juga membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, dimana ini menjadi masalah serius bagi perangkat dengan kapasitas memori rendah.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa sejumlah pengguna dengan berbagai keterbatasan memilih mengakses Facebook dari aplikasi peramban ketimbang mengunduh aplikasi aslinya.

Sekarang pengguna Chrome dapat memperoleh notifikasi Facebook, syaratnya Anda harus menggunakan Chrome versi terbaru. Setelah itu coba buka halaman Facebook dan login seperti biasa. Nanti akan muncul pop up yang meminta izin mengirimkan notifikasi, tap saja tombol “Allow”.

Apabila di kemudian hari Anda ingin mematikan fitur ini, gampang, pergi ke panel Setting – Site Setting dan temukan Notifications.

Sumber berita Theverge dan gambar header charnsitr/Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter