Categories

Gadget

Pengguna Infinix Hot 2, Yuk Update OS ke Android Marshmallow

Hadirkan beberapa fitur baru, salah satunya Google Now on Tap

Wiku Baskoro - 3 February 2016

Yang ditunggu telah tiba. Sejak kurang lebih akhir minggu kemarin pengguna Infinix Hot 2 telah bisa menikmati update yang akan membawa pembaruan atas OS Lollipop ke yang lebih baru, alias Marshmallow.

Dari rilis yang diterima redaksi, disebutkan bahwa update ini sudah bisa dinikmati mulai tanggal 29 Januari kemarin. Untuk ukuran sendiri, update ke Android 6.0 atau Marshmallow sekitar 626,8 MB dan bisa didapatkan lewat OTA.

Anda bisa mengakses menu Setting > About Phone > System Update untuk secara manual melakukan cek dan meng-update

Saya sendiri telah menantikan update ke Marshmallow ini, pertama karena Infinix Hot 2 adalah perangkat Android One yang sudah seharusnya menikmati sistem operasi terbaru dari Google lebih dahulu dibanding yang lain. Sebagai catatan, Android One generasi pertama yang (Nexian Journey)

sudah mendapatkan update Marshmallow cukup lama.

Info yang saya dapatkan adalah agak lamanya ketersediaan update Marshmallow ini dikarenakan ada beberapa perbedaan dari sisi spesifikasi dibandingkan perangkat yang masuk program Android One generasi pertama. Seperti kita tahu, Infinix Hot 2 menghadirkan beberapa peningkatan dari sisi spesifikasi seperti RAM 2GB, layar 5 inci resolusi HD (1280 x 720), memory internal yang lebih besar (16GB) serta peningkatan pada kamera belakang (8MP).

Kini akhirnya saya dan Anda pembaca DS yang memiliki Infinix Hot 2 bisa menikmati generasi OS Android terbaru alias Android 6.0 atau Marshmallow. Beberapa fitur baru yang bisa dinimati antara lain fitur Doze yang berguna untuk mengatur konsumsi data saat perangkat dalam kondisi standby atau mode sleep. Yang kedua adalah App Permissions untuk mereka yang ingin mengatur aplikasi yang mana yang akan berjalan di background yang pada akhirnya bisa mengatur beban kerja prosesor peningkatan memory.

Yang terakhir, dan yang paling saya suka, adalah Google Now on Tap, yang memungkinkan Anda megakses Google Now di aplikasi manapun dengan hanya menekan tombol home beberapa saat.

Saat Marshmallow pertama kali diperkenalkan, satu fitur yang menarik perhatian saya adalah Google Now on Tap. Saya termasuk yang cukup terbantu dengan fitur Google Now, meski tidak menjadi fitur utama yang saya gunakan di perangkat Android saya namun informasi yang dihadirkannya cukup membantu. Dan kini di Marshmallow lebih memudahkan saya karena bisa mengaksesnya di aplikasi manapun.

Tidak semuanya berguna memang (setidaknya bagi preferrensi penggunaan saya), tapi cukup seru untuk digunakan, misalnya saat ingin mengetahui info tertentu pas membuka konten internet, atau saat membuka aplikasi apa saja, tekan tombol home beberapa saat maka informasi terkait konten yang ada di layar akan muncul. Jika konten yang ada terkait jadwal misalnya, Anda bisa langsung menuju aplikasi kalender untuk menambahkan jadwal Anda.

Untuk fitur baru yang lain sebenarnya juga sangat berguna, apalagi bagi mereka para power user yang menggunakan perangkat Infinix Hot 2 sebagai perangkat utama dalam beraktivitas. Doze untuk hemat baterai dan App Permissions untuk pengaturan yang lebih personal. Dengan RAM yang lebih lega dari generasi Android One pertama didukung dengan optimasi yang hadir dari Marshmallow, sudah seharusnya akan menambah asik dalam penggunaan sehari-hari dari perangkat Infinix Hot 2.

Keuntungan perangkat yang masuk dalam program Android One adalah mendapatkan dukungan update dari Google selama dua tahun sejak dirilis. Meski untuk yang Marshmallow di Infinix Hot 2 ini saya merasa agak lambat kebagian update setidaknya dibandingkan Android One generasi pertama, tetapi di lain sisi, setidaknya lebih cepat dari beberapa perangkat lain.

Anda pengguna Infinix Hot 2, yang belum update silahkan langsung menuju pengaturan yang disebutkan di atas. Dan bagi yang sudah update, bagaimana pendapat Anda? Yuk share pengalamannya di kolom komentar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter