13 December 2017

by Bambang Winarso

Pengguna Instagram Sekarang Bisa Mengikuti Hashtag Seperti Halnya Orang

Hashtag yang diikuti hanya bisa dilihat oleh teman yang sudah mengikut Anda

Instagram baru saja mengumumkan kehadiran fitur baru yang memungkinkan pengguna mengikuti (follow) hashtag seperti halnya mengikuti akun normal. Ketika pengguna melakukannya, Instagram akan menggunakan algoritmanya untuk mengkurasi postingan atau foto yang memuat hashtag bersangkutan, kemudian menyisipkannya ke dalam lini masa pengguna.

Untuk memberikan ruang yang lebih luas dalam menemukan hashtag yang mungkin disukai, selain melalui Explore atau postingan, pengguna juga bisa menemukan hashtag yang diikuti oleh teman di profil mereka. Catatan lain yang tak kalah penting, bahwa fitur ini juga mempertimbangkan sisi privasi. Kendati sudah diikuti, hashtag hanya akan terlihat oleh teman yang mengikuti Anda sebelumnya.

Instagram juga menerapkan cara yang unik untuk membedakan postingan dari hashtag yang Anda ikuti dan postingan biasa. Mereka menyisipkan sebuah tombol penanda di atas postingan hashtag. Jika Anda tidak menyukai apa yang ditampilkan, Anda bisa menyentuh tombol tersebut untuk menunjukkan ketidak-sukaan Anda. Pun demikian, Instagram mengatakan tindakan itu tidak serta merta membuat Anda berhenti mengikuti hashtag bersangkutan, tapi akan menjadi informasi penting bagi Instagram untuk menentukan hashtag mana yang disukai pengguna spesifik.

Fitur ini sebenarnya sudah diuji sejak pertengahan bulan November lalu dan hanya bisa dipergunakan oleh pengguna dalam jumlah terbatas. Sekarang, setelah lepas dari masa pengujian, seluruh pengguna yang menggunakan Instagram versi terbaru sudah bisa mulai mengikuti hashtag favorit tanpa peduli siapa yang mengunggahnya. Namun, pembaruan ini tampaknya belum digulirkan secara merata, jadi beberapa dari Anda mungkin belum bisa menjumpainya di Instagram terbaru.

Sumber berita Instagram dan gambar header Pixabay.

Application Information Will Show Up Here