23 October 2017

by Bambang Winarso

Pengguna PayPal Kini Bisa Kirim Uang Langsung di Messenger

Fitur ini debut perdana di Amerika Serikat, memperkaya fitur pembayaran secara online

Facebook Messenger dan PayPal sebelumnya sudah menawarkan integrasi yang memungkinkan pengguna berbelanja secara online, tapi kala itu tidak mencakup fitur pengiriman dan penerimaan uang. Baru akhirnya kali ini, fitur tersebut tersedia di Messenger. Sebelum ini PayPal juga menjalin kerjasama dengan Microsoft untuk menghadirkan portal pembayaran ke dalam Skype.

Meskipun baru terbatas di Amerika Serikat, opsi pengiriman uang via PayPal menjadi satu tambahan penting bagi Messenger yang sedang dalam momentum untuk lebih berkembang. Walaupun sempat ditentang di awal kehadirannya, Messenger lambat tapi pasti mulai mendapatkan tempat terutama bagi mereka yang menginginkan alternatif aplikasi pesan di samping WhatsApp.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna tentunya wajib mempunyai akun PayPal terlebih dahulu. PayPal menawarkan tiga jenis akun, personal, bisnis dan premier yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pendaftaran di PayPal 100% gratis, namun dibutuhkan verifikasi menggunakan kartu kredit agar dapat bertransaksi secara online dan potongan yang besarannya tergantung jumlah transaksi.

Dukungan PayPal ke Messenger memudahkan pengguna untuk bertransaksi langsung dari Messenger. PayPal juga mengatakan bahwa pengguna kini dapat memanfaatkan robot layanan pelanggan di Messenger untuk memperoleh bantuan, seperti mengatur ulang kata sandi, memperoleh bantuan masalah pembayaran atau terkait akun.

Facebook telah sejak lama mendorong integrasi pembayaran secara online melalui portofolionya. Ekspansi ini dilakukan sebagai upaya untuk terus menjadi pemain penting di industri digital mengingat para rival siap menyalip jika lengah. Apple misalnya sudah mengembangkan layanan Pay Cash, kemudian Snapchat juga punya, lalu Square Cash dan juga Venmo.

Sumber berita PayPal.