3 December 2014

by Oki Rosgani

Pengguna Perangkat iOS Akan Bisa Browsing Dengan Firefox

Aplikasi peramban Firefox untuk perangkat genggam memang telah hadir, namun itu hanya tersedia bagi mereka yang menggunakan platform Android, sementara ini, pengguna iOS belum bisa menggunakan aplikasi Firefox pada perangkat iPhone atau iPad mereka.

Di sela-sela perhetalan event internal yang dilakukan oleh Mozilla, Jonathan Nightingale selaku Vice President Firefox telah mengindikasikan bahwa pihaknya akan merilis aplikasi browser Firefox untuk platform iOS. Menyusul kicauan yang dirilis oleh Lukas Blakk selaku Mozilla Release Manager yang berbunyi, "We need to be where our users are so we're going to get Firefox on iOS #mozlandia".

Sebelumnya, pihak Apple memang telah membatasi bagi para pengambang aplikasi pihak ketiga untuk bisa mengembangkan engine browser pada platform iOS. Pihak Apple telah membuat batasan dalam penyusunan bahasa pemrograman dengan menggunakan mesin JavaScript milik mereka sendiri

Saat ini hanya ada browser Chrome dan Opera yang tersedia sebagai aplikasi peramban pihak ketiga untuk perangkat iOS, hal ini karena kedua peramban tersebut menggunakan mesin Javascript dan rendering yang dimiliki Apple.

Sejak iOS 8 Apple sendiri mengizinkan peramban pihak ketika untuk menggunakan fitur yang sebelumnya tidak bisa. Meski demikian, Apple memiliki ketentuan sendiri mengenai peramban pihak ketiga yang ingin berjalan di platform mobile mereka.

 

Info menarik: Co-founder Apple Buka Pintu Hotel Pakai iPhone 6

 

Aplikasi peramban Firefox mobile untuk pengguna iOS ini juga dikabarkan akan memiliki fitur yang sama dengan aplikasi Firefox di platform Android, nantinya para pengguna iOS juga bisa mengakses akun Firefox mereka, memasang perubahan pada panel Home dan melakukan sinkronsasi data, Bookmarks dan sebagainya.

Belum ada keterangan detail tentang seperti apa fitur dan trategi Mozill untuk menghadirkan Firefox di iOS ini, namun kabar ini tentunya akan menjadi hal yang menarik untuk diikuti. Termasuk juga bagi pengguna peramban Firefox yang memiliki perangkat iOS.

Sumber: MacRumors dan TechCrunch