Categories

Internet

Pengguna Streamlabs OBS Kini Dapat Menarik Tip Bulanan dari Para Penontonnya

Tool bernama Streamlabs Creator Subscription ini dapat digunakan tanpa banyak syarat, dan kreator akan menerima total pemasukan secara penuh tanpa sistem bagi hasil

Glenn Kaonang - 27 August 2021

Streamlabs, anak perusahaan Logitech yang berfokus di bidang pengembangan tool untuk livestreaming, memperkenalkan tool baru bernama Streamlabs Creator Subscription. Sesuai namanya, tool ini dirancang supaya penonton dapat memberikan tip secara berulang (bulanan) kepada kreator-kreator favoritnya.

Tool ini akan sepenuhnya terintegrasi pada software Streamlabs OBS, dan kreator bebas mengaktifkan atau menonaktifkannya sesuai keinginan. Kreator juga dibebaskan untuk menentukan nominal tip bulanannya — atau bisa juga kita sebut dengan istilah tarif subscription. Alternatifnya, kreator juga bisa mempersilakan penonton menentukan sendiri jumlah uang yang ingin mereka donasikan setiap bulannya.

Istimewanya, Streamlabs sama sekali tidak akan mengambil untung dari sini. Uang yang terkumpul dari para penonton akan sepenuhnya masuk ke kantong masing-masing kreator. Satu-satunya potongan hanyalah biaya pemrosesan PayPal selaku platform pembayaran yang didukung.

Lalu dari mana Streamlabs mendapatkan pemasukan? Well, mereka selama ini sudah punya layanan subscription bernama Streamlabs Prime yang menawarkan sejumlah fitur menarik buat kalangan livestreamer.

Juga sangat menarik adalah fakta bahwa tool ini bisa dipakai oleh siapapun yang sudah memiliki tip page di Streamlabs. Artinya, kreator tidak diwajibkan memenuhi syarat-syarat tertentu (semisal jumlah minimum viewer atau durasi minimum livestream selama 30 hari terakhir) untuk bisa menerima tip secara berulang menggunakan tool ini.

Sebagai perbandingan, kreator yang menerapkan subscription di Twitch hanya menerima 50% dari total pemasukan, dan mereka juga harus terdaftar sebagai Twitch Partner terlebih dulu, yang syarat-syaratnya tidak bisa dibilang mudah. Singkat cerita, tidak ada ruginya bagi para kreator untuk memanfaatkan tool Streamlabs Creator Subscription ini sebagai sumber pemasukan tambahan.

Ke depannya, Streamlabs berencana menambahkan sejumlah fitur untuk memotivasi sekaligus memberikan insentif ekstra kepada para penonton. Dua di antaranya adalah fitur leaderboard dan badge. Leaderboard akan menampilkan deretan penonton dengan jumlah tip terbesar di tip page milik masing-masing streamer, dan penonton bakal kebagian badge baru setiap bulannya selama tip bulanan mereka terus berjalan.

Sumber: The Verge dan Streamlabs.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter