27 December 2018

by Bambang Winarso

Pengguna Telegram Kini Bisa Membuat Jajak Pendapat

Fitur poling hadir di Android dan juga iOS

Ketika berada dalam sebuah grup Telegram dengan jumlah anggota yang sangat banyak, tentu sangat sulit untuk menyatukan suara tentang sebuah gagasan. Tapi Telegram sepertinya memahami problema itu dan menghadirkan solusi tepat dengan meluncurkan fitur polling yang memudahkan penghuni grup mengorganisir sebuah gagasan.

Untuk meningkatkan respon pengguna akan suatu poling, Telegram memberikan keleluasaan kepada pembuat jajak pendapat untuk meneruskan poling ke grup ataupun percakapan pribadi. Tetapi demi privasi, pemberi suara atau voter tidak akan ditampilkan di dalam poling.

Telegram tidak menyebutkan secara spesifik untuk siapa pembaruan ini. Jadi, saya berasumsi bahwa semua versi, baik smartphone maupun desktop akan kebagian jatah fitur polling namun mungkin dengan jadwal distribusi yang berbeda. WindowsCentral sendiri merilis laporan bahwa fitur poling juga mendarat di versi desktop browser, versi Telegram paling minimalis yang pernah ada.

Selain melepaskan fitur poling, Telegram juga menggulirkan fitur pencarian gambar dan perbaikan bugs khusus untuk perangkat iOS. Fitur pencarian gambar Web Search dihadirkan untuk membantu pengguna menemukan foto atau video untuk dikirimkan ke teman atau sekadar menjadi gambar profil. Yang terakhir, Telegram juga melakukan perbaikan atas bugs di versi 5.1.1 yang dilaporkan oleh banyak pengguna.

Untuk mendapatkan pembaruan dan perbaikan di atas, Anda wajib mengunduh versi terbaru Telegram baik di platform Android ataupun iOS.

Sumber berita Telegram.