Categories

Mobile

Pengguna Telegram Kini Bisa Mengedit Pesan yang Telah Dikirim

Berlaku untuk semua jenis pesan, baik di dalam percakapan grup atau satu lawan satu

Glenn Kaonang - 17 May 2016

Hanya berselang satu bulan setelah memperkenalkan desain baru untuk aplikasi iOS dan Android-nya, Telegram kini kembali meluncurkan fitur yang bisa dipastikan bakal membuat penggunanya kegirangan, yaitu fitur edit pesan.

Jadi pada dasarnya mulai hari ini pengguna Telegram bisa mengucapkan selamat tinggal pada typo alias salah ketik. Semua pesan yang sudah dikirim, baik di dalam grup atau percakapan satu lawan satu, bisa diedit isinya. Pesan yang telah diedit akan diberi label kecil bertuliskan “edited” supaya lawan bicara tahu mana yang telah diubah.

Cara mengedit pesan di Telegram pun jauh dari kata ribet. Pengguna hanya perlu menyentuh dan menahan balon pesan yang hendak diedit, lalu tap tombol “Edit”. Untuk pengguna Telegram versi desktop, fitur edit ini bisa diakses dengan menekan tombol panah atas di keyboard untuk mengedit pesan terakhir yang dikirim.

Update terbaru Telegram hadirkan fitur edit pesan, pembaruan fitur Mention dan akses inline bot yang lebih mudah / Telegram
Update terbaru Telegram hadirkan fitur edit pesan, pembaruan fitur Mention dan akses inline bot yang lebih mudah / Telegram

Update terbaru Telegram ini juga menghadirkan pembaruan pada fitur Mention, dimana pengguna kini bisa memanggil siapa saja di dalam grup, bahkan mereka yang tidak memiliki username. Mencari percakapan dengan seseorang juga lebih mudah berkat daftar pengguna lain yang baru-baru ini dikontak pada kolom pencarian.

Telegram juga mempermudah akses pada inline bot. Pengguna kini bisa membuka menu attachment dan memilih satu dari sejumlah bot yang tersedia. Semakin sering Anda menggunakan suatu bot, maka posisinya akan semakin di atas pada menu attachment tersebut.

Tombol baru di Telegram versi iOS untuk kembali ke posisi percakapan terakhir setelah menggeser layar ke atas / Telegram
Tombol baru di Telegram versi iOS untuk kembali ke posisi percakapan terakhir setelah menggeser layar ke atas / Telegram

Terakhir, khusus untuk Telegram versi iOS, aplikasi kini akan mengingat posisi terakhir dalam percakapan, sehingga ketika Anda kembali ke percakapan tersebut, Anda tidak akan ‘kehilangan jejak’. Lebih lanjut, saat Anda menggeser layar ke atas, akan muncul tombol baru untuk kembali ke posisi terakhir dalam percakapan tersebut.

Sumber: Telegram Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id