13 September 2016

by Glenn Kaonang

Pengguna Twitter Dapat Menuliskan Tweet yang Lebih Panjang Mulai 19 September (Updated)

Tidak ada konfirmasi dari Twitter meskipun sudah hampir empat bulan sejak pengumumannya

Update: Twitter telah mengumumkan ketersediaan fitur ini secara resmi. Info bisa dilihat di tautan ini dan ini. Nantikan tips penggunaannya di DailySocial. Bulan Mei kemarin, Twitter mengumumkan perubahan yang boleh dibilang paling drastis seiring perkembangannya. Jejaring sosial berlambang burung tersebut berencana mengoptimalkan batasan 140 karakter dengan cara tidak lagi mencakupkan link, username maupun lampiran media seperti foto, video, GIF, jajak pendapat dan Quote Tweet.

Perubahan ini tentu saja akan lebih membebaskan pengguna dalam berekspresi. Gampangnya, mereka bisa mencurahkan ide ataupun memberikan balasan yang lebih panjang dalam sebuah Tweet ketimbang sebelumnya. Namun yang paling terasa mungkin adalah ketika pengguna harus me-mention beberapa akun sekaligus.

Karena dampaknya cukup signifikan, Twitter pun memutuskan untuk tidak terburu-buru dalam mengimplementasikannya. Akan tetapi menurut The Verge yang menerima informasi dari dua sumber, perubahan ini dipastikan akan berlaku mulai minggu depan, tepatnya tanggal 19 September mendatang.

Twitter sendiri ogah memberikan konfirmasi maupun komentar soal ini. Kemungkinan mereka tidak mau mengulangi kesalahan sebelumnya ketika muncul rumor bahwa Twitter akan mengubah sistem timeline-nya. Pada saat itu, CEO Jack Dorsey sempat angkat bicara dan membantahnya, tapi ternyata apa yang dirumorkan tidak meleset.

Sumber: The Verge. Gambar header: Twitter via Pexels.