20 December 2016

by Bambang Winarso

Pengguna WhatsApp Segera Bisa Menarik dan Mengedit Pesan Terkirim

Kedua fitur menarik dan mengedit pesan terkirim sedang diujikan di versi beta untuk iPhone

WhatsApp kemungkinan besar tak lama lagi akan memungkinkan penggunanya untuk mencabut atau meng-edit pesan yang sudah dikirim ke teman. Fitur ini sekarang baru tersedia di WhatsApp beta versi iOS dan disebut dalam kondisi nonaktifkan secara default. Artinya, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu secara manual. Fitur lain yang disebut sedang diuji adalah pilihan untuk melihat versi pratinjau dari berkas ekstrak seperti ZIP dan RAR.

Fitur untuk meng-edit atau mencabut pesan yang sudah terkirim dapat dipergunakan dengan menekan pesan terkait selama beberapa detik. Namun, fitur mencabut pesan yang dikirim mungkin akan bekerja hanya jika penerima belum membaca pesan yang dikirimkan. Saat ini, WhatsApp memungkinkan pengguna menghapus pesan hanya di perangkat pengirim, sedangkan pesan yang dihapus tetap dapat dibaca oleh penerima.

Sayangnya, belum ada informasi kapan fitur untuk mencabut atau meng-edit pesan di WhatsApp ini akan tersedia untuk pengguna Android. Berita ini sendiri pertama kali dilaporkan oleh akun Twitter @WABetaInfo yang rajin melacak versi beta dari WhatsApp. Bocoran tersebut juga memposting penampakan fitur baru WhatsApp yang sedang diujikan.

Di kesempatan terpisah, WhatsApp diberitakan sedang menguji fitur lain di versi iPhone beta yang memungkinkan pengguna melihat isi berkas ekstrak seperti ZIP atau RAR. Fitur WhatsApp ini sekali lagi dibocorkan oleh akun @WABetaInfo.

WhatsApp pertengahan bulan ini menerima pembaruan yang membawa dua fitur baru - video streaming dan dukungan gambar GIF animasi  untuk versi Android. Sebelumnya, dua fitur ini juga hanya tersedia untuk pengguna WhatsApp versi beta .

Dengan fitur baru ini, pengguna dapat memutar video secara langsung tanpa harus mengunduh berkas video terlebih dahulu. Fitur lain yang tersedia untuk pengguna WhatsApp beta adalah dukungan gambar animasi GIF.

Sumber berita Techdroider dan gambar header Pixabay.