Pengguna WhatsApp Status Tembus 175 Juta Orang Per Harinya

Capaian ini mengikuti keberhasilan Instagram Stories yang tembus 200 juta per hari

Bukan rahasia lagi bahwa Facebook ingin menjegal Snapchat dengan cara menjiplak sejumlah fitur unggulannya. Sejauh ini apa yang dilakukan oleh Facebook terbukti mujarab, ditandai dengan membludaknya angka pengguna harian Instagram Stories yang tembus 200 juta hanya dalam hitungan bulan.

Prestasi berikutnya diraih oleh WhatsApp Status yang juga dirancang dengan konsep hampir serupa dengan Instagram Stories jiplakan Snapchat Stories. Dalam laporan terbaru disebutkan bahwa fitur berbagi foto dan video itu sudah digunakan oleh lebih dari 175 juta pengguna. Angka ini bukan total bulanan, melainkan harian. Prestasi ini sudah barang tentu membuat Facebook sumringah. Itu artinya, misi mereka menjegal Snapchat sudah tercapai, setidaknya mengalah satu dari beberapa fitur unggulannya.

WhatsApp memperkenalkan fitur jiplakan Stories-nya Snapchat ini pada bulan Februari lalu dengan julukan WhatsApp Status. Manuver ini di mata sejumlah pengguna diangap kurang tepat mengingat WhatsApp sudah sejak lama dikenal sebagai aplikasi yang sederhana, berbasis teks yang jauh dari gegap gempita “pernak-pernik” aplikasi pesan instan. Tetapi tekad Facebook rupanya sudah bulat, tanpa banyak rintangan WhatsApp Status pun melenggang dan ternyata sambutan penggunanya tak seburuk yang dikhawatirkan. Laporan terbaru juga mengklaim angka pengguna aktif bulanan WhatsApp menyentuh angka 1,2 miliar.

Berkaca pada kesuksesan ini, tampaknya cukup wajar jika kemudian banyak orang memprediksi fitur serupa akan membukukan pencapaian yang lebih baik di aplikasi utama Facebook dan juga Messenger.

Sumber berita Techcrunch.