Masyarakat yang terhubung dengan internet terus bertambah jumlahnya. Mulai dari pemerintah hingga industri telekomunikasi mulai mengupayakan untuk menjangkau mereka yang belum terhubung, salah satunya dengan percepatan pembangunan infrastruktur.

Bagi bisnis, masyarakat yang terhubung ini merupakan sebuah potensi yang luar biasa. Selain potensi sebagai konsumen mereka juga menjadi potensi untuk mengembangkan bisnis. Utamanya pada usaha untuk memahami pengguna.

Keputusan lebih baik dengan teknologi pengelolaan pengalaman pengguna

Teknologi sekarang mulai banyak dikembangkan untuk mengelola data-data. Bagi mereka yang terhubung, mereka tanpa sadar menyumbang data-data untuk mempelajari seperti apa kebiasaan mereka dalam menggunakan layanan atau produk digital. Misalnya popularitas sebuah emoticon atau kebermanfaatan sebuah fitur. Itu semua bisa dipelajari dari data-data pengalaman penggunaan yang dikirimkan ke bisnis. Data tersebut bisa menjadi modal utama arah pengembangan fitur atau produk baru dan juga peningkatan pengalaman pengguna.

Personalisasi, terikat, dan komunikasi real time

Mereka yang setiap hari terhubung dengan internet bisa menjadi sebuah keuntungan tersendiri dari bisnis. Data-data kebiasaan dan minat personal bisa diubah menjadi sebuah sistem atau layanan yang dipersonalisasi. Sebuah jalan yang baik untuk mengikat mereka. Selain itu konsumen yang terhubung juga akan memudahkan kita dalam memberikan pelayanan pelanggan. Menanggapi komplain atau sekedar minta informasi terkait pembayaran dan lain sebagainya. Kebutuhan-kebutuhan untuk meningkatkan pelayanan pengguna pun akan terbantu dengan banyaknya pelanggan yang terhubung.

Penggunaan perangkat mobile

Peningkatan masyarakat yang terhubung dengan internet sekarang diikuti dengan penggunaan perangkat mobile sebagai media aksesnya. Mendengarkan musik, berinteraksi dan berkomunikasi menggunakan aplikasi pesan instan dan media sosial, membaca berita, dan kegiatan lain sekarang bisa dilakukan melalui perangkat mobile. Semua kegiatan online terpusat pada sebuah alat. Ini akan menjadi peluang jika bisa memberikan yang mereka butuhkan. Misalnya aplikasi mobile atau situs yang nyaman digunakan menggunakan perangkat mobile.

Kemudian apa yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis? Tentu saja data-data preferensi yang lebih komplet. Dengan data-data kebiasaan penggunaan yang lebih komplet, bisnis bisa lebih banyak mengetahui lebih banyak untuk bisa menghasilkan sesuatu yang benar-benar sesuai.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.