Penggunaan Windows Berkurang, Turun di Bawah 90 Persen?

Penggunaan Windows Berkurang, Turun di Bawah 90 Persen?

Lalu mampukah Windows 10 melampaui Windows 7 secara signifikan di tahun ini?
Wallpaper Windows 10
Wallpaper Windows 10

Ketika diluncurkan, Windows 10 mendapatkan tanggapan positif karena selain mendengarkan permintaan konsumen terkait UI, Microsoft juga menyempurnakan bundel software dan membekalinya dengan Cortana. Di Oktober 2015, terhitung ada lebih dari 110 juta device yang berjalan di Windows 10. Tetapi menariknya, muncul indikasi lebih banyak orang berpaling dari Windows.

Informasi tersebut dilaporkan oleh PC Gamer berdasarkan data yang dikumpulkan Net Marketshare. Persentase penggunaan sistem operasi Windows di desktop turun hingga di bawah 90 persen, tepatnya 88,77 persen di bulan April. Kemungkinan besar, hal ini merupakan dampak melemahnya Windows 7. Melihat dua bulan ke belakang, untuk pertama kalinya, Windows 7 terpantau merosot dari 51,89 menjadi 48,81 persen.

Di periode dua tahun ke belakang, Windows 7 memperlihatkan dominasi pada Juni dan Juli 2015, namun mulai melandai di momen perilisan Windows 10. Platform anyar ini memang menunjukkan peningkatan stabil, dan mungkin masa upgrade gratis yang sebentar lagi akan habis turut mendorong hal tersebut. Uniknya, ada eskalasi tipis pemakaian Windows 8.1, setelah menyusut kurang dari 10 persen di Februari 2016.

Dan yang tak kalah menarik: Windows XP masih menampakkan kegigihannya bersaing dengan OS-OS anyar. Ia memulai tahun ini dengan menguasai 11 persen lebih, meskipun terpaksa turun. Masa extended support XP sebetulnya sudah berakhir lebih dari dua tahun silam, dan sejak itu platform rentan terhadap serangan serta eksploitasi.

Ketika Windows melemah, Anda bisa melihat kategori Others mengalami kenaikan hampir tiga persen dalam satu bulan terakhir – dari 9,45 ke 12,43 persen. Kemudian dari bagan lain, Mac semakin mendekati sepuluh persen (9,57 persen).

Dari menganalisa kurva-kurva Net Marketshare, PC Gamer memperkirakan sangat kecil kemungkinan bagi Windows 10 melampaui Windows 7 secara signifikan di tahun ini. Bahkan jika Windows 10 memperoleh kenaikan dan Windows 7 turun tiga persen tiap bulan, platform terfavorit itu tetap akan memimpin di Desember 2016 hingga dipaksa menyerahkan mahkotanya pada Windows 10 di Januari 2017 .

Salah satu faktor pendorong peningkatan Windows 10 di awal ketersediaannya adalah strategi update gratis yang Microsoft terapkan pada Windows 7, 8 dan 8.1; akan usai pada tanggal 29 April 2016. Tapi sang raksasa asal Redmond masih memikul beban berat: Mereka menargetkan satu milar perangkat beroperasi di Windows 10 tiga tahun selepas perilisannya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…