20 May 2013

by wiku

Pengumuman Yahoo Akuisisi Tumblr Akan Segera Dirilis

Kabar akuisisi atau akan dibelinya layanan blogging Tumblr oleh Yahoo semakin dekat. Setelah sebelumnya dikabarkan bahwa dewan direksi Yahoo bertemu untuk membicarakan pembelian Tumblr, WJS melaporkan lewat Twitter bahwa dewan direksi Yahoo telah setuju untuk melakukan pembelian. Disusul oleh laporan lain yang menguatkan proses akuisisi ini, dan pengumuman resmi akan segera diumumkan.

Tumblr dikabarkan akan dibeli oleh Yahoo seharga $ 1 miliar dalam bentuk uang tunai (tidak ada penjualan dalam bentuk saham). Pengumuman resmi untuk proses akuisisi ini, seperti yang dikutip dari AllThingsD, kemungkinan akan diumumkan Senin pagi (waktu AS).

Kabar ini menegaskan kabar sebelumnya, dimana pertemuan Yahoo dan Tumblr semakin intens. Yahoo membutuhkan Tumblr untuk audiens muda mereka dan membuat perusahaan ini menjari tampak keren lagi.

Tumblr populer dikalangan muda, layanan ini menjadi tempat berbagi mulai dari konten fashion, foto, humor dan berbabagi konten lain. Analis juga berpendapat bahwa dari sisi mobile, Tumblr pun memiliki kekuatan yang cukup menarik, CEO Yahoo - Marssa Mayer, yang memang memiliki fokus akan ranah mobile untuk Yahoo.

Artikel lanjutan dari AllThingsD, menyebutkan bahwa merek Tumblr akan tetap dipertahankan, namun demikian akan ada integrasi infrastruktur yang berhubungan dengan bisnis iklan.

Di sisi Tumblr, akuisisi ini disebutkan akan membuka peluang iklan yang telah dimiliki Yahoo. CEO Tumblr, David Karp, dikabarkan akan mendapatkan uang tunai dari akuisisi ini dan akan tetap memiliki kontrol penuh dan menjabat CEO setidaknya sampai 4 tahun ke depan.

Akuisisi ini akan menjadi akuisisi terbesar Marissa Mayer selama menjabat CEO Yahoo, sebelumnya ia telah memipin akuisisi berbagai layanan tetap dalam skala yang lebih kecil. Marissa menjawab CEO di Yahoo tahun lalu setelah sebelumnya menjadi salah satu karyawan penting di Google.

Kita tunggu pernyataan resmi dari Yahoo dan Tumblr, serta strategi apa yang akan dilakukan kedua layanan ini atas akuisisi yang akan terjadi.