Categories

MARKETING

Melihat Bagaimana Peningkatan Penggunaan Email Marketing saat Pandemi

Berdasarkan data MTARGET, terjadi peningkatan signifikan setelah memasuki pandemi.

Guest Post - 29 October 2020

 

Pandemi COVID-19 memang menjadi tantangan tak terelakkan bagi para pelaku bisnis. Menurut data Topfloor, sejak merebaknya pandemi ini, terdapat 90% bisnis yang mengalami penurunan dalam kurun waktu satu bulan. Untuk dapat bertahan dan beradaptasi dengan situasi sulit ini, perusahaan mau tidak mau harus bisa beradaptasi dengan pendekatan digital dalam upaya pemasrannya.

Selain itu, para pelaku bisnis juga harus dapat secara cermat untuk menyesuaikan kembali anggaran pemasaran mereka selama pandemi. Meski harus tetap memikirkan banyak faktor bisnis, anggaran pemasaran harus tetap diatur dengan baik agar brand terus dapat mempertahankan sekaligus mengembangkan awareness yang dapat berdampak pada peningkatan penjualan.

Untuk mendukung hal tersebut, perusahaan juga harus memilih channel pemasaran yang efektif dan efisien dari segi anggaran, salah satunya adalah email marketing. Channel ini sendiri dianggap sebagai salah satu channel pemasaran yang tidak akan redup. Hal ini dikarenakan penggunaan email yang berisian dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari urusan pekerjaan hingga hiburan, semua membutuhkan email.

Bahkan, selama pandemi ini penggunaan email marketing terus mengalami lonjakan penggunaan. Peningkatan signifikan ini sendiri juga dialami oleh salah satu penyedia platform email marketing, MTARGET. Menurut data MTARGET, terhitung ada lonjakan sebesar 61% semenjak masa pandemi mulai mempengaruhi banyak kegiatan bisnis di awal bulan Maret lalu.

 

email marketing
Data penggunaan email marketing bulan Agustus 2019 hingga Juli 2020 pada platform MTARGET.

Berdasarkan data di atas, ada peningkatan dalam penggunaanemail marketing yang cukup signifikan terjadi pada bulan Agustus hingga Juli 2020 pada platform email marketing MTARGET. Data ini juga menunjukkan peningkatan ini juga terjadi secara signifikan saat memasuki masa pandemi yaitu pada bulan Maret 2020.

 

Data peningkatan pengiriman email pada platform MTARGET
Statistik peningkatan pengiriman email pada platform MTARGET

Secara detail, aktivitas pengiriman email marketing pada platform MTARGET selama masa pandemi ini juga memang terus mengalami peningkatan. Pengiriman email yang mulai menurun hinga Februari, perlahan terus menanjak hingga bulan Juli lalu. Data di atas menunjukkan bahwa email marketingmemang dilihat dan dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk berinteraksi ataupun meningkatkan awareness di masa pandemi. Hal ini seiring dengan adanya peningkatan intensitas penggunaan yang terjadi pada periode ini.

Untuk mengetahui informasi seputar email marketing dan fitur-fitur yang dimiliki oleh MTARGET, silakan kunjungi link berikut ini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id