Dark
Light

Penjualan Tablet Diperkirakan Akan Melebihi Penjualan Notebook pada 2013

1 min read
January 9, 2013

Lembaga riset pasar, NPD DisplaySearch baru-baru ini merilis laporan dan prediksi tentang pasar komputer tablet dan notebook. Dalam laporan tersebut, NPD DisplaySearch memprediksi bahwa penjualan tablet di seluruh dunia akan mencapai angka 240 juta unit pada tahun 2013, melampaui penjualan notebook yang diprediksi hanya sebesar 207 juta unit. Pasar tablet ini akan didominasi oleh pasar Amerika Utara dan Cina dengan masing-masing berkontribusi terhadap 27% dan 35% pangsa pasar pada tahun 2013. Gambar berikut menunjukkan prediksi penjualan tablet berbandingkan notebook.

NPD DisplaySearch juga menyebutkan bahwa tablet berukuran 7-8 inchi akan mengambil lebih banyak pangsa pasar dari tablet berukuran 9-10 inchi. Disebutkan bahwa pada 2013 prediksi pangsa pasar tablet berukuran 7-8 inchi akan memiliki pangsa pasar 45% dengan penjualan sebanyak 108 juta unit, sementara tablet berukuran 9-10 inchi akan memiliki pangsa pasar 17% dengan angka penjualan sebesar 41 juta unit. Gambar berikut menunjukkan prediksi distribusi penjualan tablet berdasarkan ukuran layarnya.

Seiring dengan prediksi ini, NPD juga memperkirakan bahwa kedepannya para produsen notebook akan berfokus untuk membawa fitur-fitur yang lebih mirip tablet ke ranah notebook. Fitur-fitur ini seperti daya tahan baterai yang lebih lama, proses menyalakan dan mematikan perangkat secara instan, dan form factor yang menyerupai tablet.

Apakah prediksi ini akan terealisasikan? Melihat semakin bermunculannya tablet-tablet berukuran 7 inchi seperti Nexus 7 dan Acer Iconia B1 yang memberikan harga yang relatif semakin terjangkau untuk negara-negara berkembang, saya sendiri berpandangan bahwa prediksi NPD sangat mungkin terjadi. Barangkali kita nantikan saja bagaimana hasilnya sepanjang tahun ini nanti.

 

Sumber: NPD DisplaySearch. Gambar: Small Biz Technology.

Previous Story

Program Jahat Zeus dan Spyeye Menyerang Indonesia (Bagian 1)

Next Story

Sumitomo Corporation Launches Online Grocer Sukamart in Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Tablet Premium Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 Resmi Diluncurkan di Indonesia

Xiaomi kembali menghadirkan inovasi terbarunya di pasar Indonesia dengan merilis
Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition

5 Tips Kerja Mindful dengan Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition

Diluncurkan pada pertengahan Maret lalu, tablet Huawei MatePad 11.5 PaperMatte