Categories

Mobile

Pensiunkan Photoshop Touch, Adobe Tengah Siapkan Penggantinya

Glenn Kaonang - 22 May 2015

Mulai tanggal 28 Mei 2015 nanti, kita harus mengucapkan selamat tinggal pada aplikasi Photoshop Touch. Adobe selaku sang penggagas mengumumkan lewat sebuah blog post pada hari Kamis (21/5/15) kemarin, bahwa versi mobile dari software andalannya tersebut tidak akan lagi tersedia di Apple App Store maupun Google Play.

Keputusan ini terpaksa diambil karena Adobe menilai konsep all-in-one yang diusung Photoshop di desktop kurang efektif ketika dipraktekkan di ranah mobile. Perusahaan software yang bermarkas di kota San Jose, Kalifornia, tersebut lebih memilih untuk berfokus mengembangkan aplikasi-aplikasi mobile yang masing-masing bisa menjalankan sejumlah tugas tertentu secara maksimal.

Hampir semua aplikasi mobile baru besutan Adobe kini memiliki akses ke layanan berbayar Creative Cloud. Hal ini ditujukan agar pengguna tidak perlu bingung soal akses ke proyek-proyek yang mereka garap di perangkat yang berbeda, baik di desktop atau mobile.

Info menarik: Adobe Comp CC Tawarkan Kemudahan Brainstorming bagi Para Desainer Layout

Di saat yang sama, Adobe rupanya tengah menyiapkan pengganti dari Photoshop Touch. Mengusung codename Project Rigel, aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan awal ini menitikberatkan fungsi retouching, dengan interface intuitif yang benar-benar disesuaikan untuk perangkat mobile.

Lewat sebuah video demonstrasi yang bisa Anda tonton di bawah, Adobe memamerkan bagaimana Project Rigel bisa memanipulasi foto beresolusi 50 megapixel dengan cepat dan dengan menggunakan sejumlah tool yang sederhana, namun hasilnya maksimal. Sejauh ini masih belum ada informasi soal jadwal perilisannya, akan tetapi Adobe berencana menghadirkannya mendekati akhir tahun ini.

Kembali ke Photoshop Touch, bagaimana nasibnya setelah tanggal 28 Mei 2015 mendatang? Jika Anda sudah pernah membelinya, Anda masih bisa mengunduh kembali dan menggunakan aplikasi tersebut untuk menyunting foto, tetapi Adobe tidak akan merilis update untuk Photoshop Touch untuk ke depannya.

Via: 9to5Mac.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter