DScovery

Pentingnya Personal Branding untuk Membangun Karir

Personal branding menjadi salah satu hal yang harus kamu miliki, karena personal branding juga berhubungan dengan karir.

Akhir-akhir ini istilah personal branding cukup terdengar nyaring di berbagai media sosial. Sebenarnya apa, sih, personal branding itu dan apakahsemua orang perlu memiliki personal branding? Lalu, apa pentingnya personal branding?

Mengutip dari Forbes, personal branding atau pemasaran diri adalah sebuah cara menentukan persepsi orang lain terhadap diri kamu yang dapat membantu untuk mencapai tujuan yang ingin kamu tuju.

Secara umum pentingnya personal branding untuk pribadi adalah untuk membentuk siapa sebenarnya diri kita dan apa yang dapat kamu lakukan.

Masih banyak lagi, poin penting terkait personal branding. Cari tahu manfaat atau pentingnya personal di artikel berikut.

5 Poin Pentingnya Personal Branding

Apa pentingnya personal branding di tahun 2022? Personal branding sangat penting untuk kamu yang mengejar karir atau sebagai karyawan. Dikutip dari Dummies, ada tujuh keuntungan memiliki personal branding.

1. Memiliki Kepercayaan Diri

Saat kamu sedang mengembangkan personal branding diri kamu, dengan itu juga kamu membentuk kepercayaan diri. Hal ini karena diri kamu percaya jika ada sebuah kualitas yang kamu miliki dan siap untuk dibagikan ke orang lain.

Contoh kamu memiliki skill desain yang cukup baik, dengan ini juga kamu mencoba menawarkan skill yang kamu miliki ke klien. Maka, personal branding akan berperan untuk membantu menjadi sebuah kepercayaan diri dan juga memberikan arahan yang tepat. Dengan memiliki personal branding yang baik, kamu juga akan meminimalkan kelemahan yang selama ini menjadi ketakutan.

2. Bisa Mendapatkan Dukungan yang Kamu Butuhkan

Jika, kamu sudah memiliki personal branding, orang-orang juga akan mengetahui diri kamu dan mencari tahu kehidupan kamu lebih jauh. Dengan ini, tidak segan juga orang-orang akan memberikan dukungan yang kamu butuhkan.

Personal branding juga bisa menentukan apa kebutuhan kamu dan siapa saja yang bisa memenuhinya.

3. Memiliki Fokus Terhadap Diri Kamu

Pentingnya memiliki personal branding adalah kamu bisa lebih paham tentang siapa sebenarnya diri kamu, apa yang terbaik untuk diri kamu, dan bagaimana kamu bisa menggunakan kelebihan yang kamu miliki.

Sehingga, tidak ada waktu lagi untuk mencampuri urusan yang memang tidak penting. Fokus ke diri sendiri juga sangat berguna untuk pertumbuhan karir. Namun, bukan berarti kamu tidak peka terhadap sosial yang terjadi di sekitar kamu, karena kamu juga perlu tahu apa yang terjadi di sekitar agar tidak mengganggu pekerjaan atau kehidupan yang ingin kamu capai.

4. Kamu Berbeda dalam Sebuah Kompetisi

Tidak dipungkiri jika dalam dunia kerja bahkan hidup sekalipun seperti sebuah kompetisi. Akan tetapi, memiliki personal branding juga bisa membantu kamu untuk memiliki nilai lebih dibandingkan rekan kerja lainnya.

Apalagi jika kamu bekerja sebagai freelance, tentunya personal branding ini sangat penting. Dengan memiliki personal branding, kamu akan terlihat lebih istimewa di mata klien atau pelanggan. Sehingga, mereka juga tidak segan untuk membiarkan kamu menjalankan project-nya.

5. Memiliki Peluang Besar untuk Dikenal Orang Lain

Membentuk personal branding juga bisa membuat kamu dikenal dengan banyak orang. Apalagi, jika kamu membuat personal branding di media sosial seperti Linkedin, Instagram, Twitter, atau Facebook yang siapa saja dapat mengaksesnya.

Peluang dikenal orang lain ini akan membantu kamu mendapatkan relasi atau pengalaman baru, kamu bisa diundang atau diajak bekerja sama dengan organisasi atau pihak tertentu. Bahkan, bisa jadi kamu yang langsung direkrut oleh perusahaan secara langsung. Kamu juga bisa menjangkau karir dengan luas.

Sehingga, bisa dibilang apa pentingnya personal branding adalah untuk membentuk diri agar bisa menentukan tujuan hidup atau karir. Apa pun personal branding yang kamu miliki, itu tetap menjadi diri kamu sendiri. 

Saat ini melakukan personal branding bisa dilakukan secara digital, seperti blog atau media sosial.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter