5 December 2016

by Bambang Winarso

Penyimpanan Cloud di Microsoft Office Android Kedatangan Anggota Baru

Microsoft mengumumkan kehadiran Cloud Storage Partner Program (CSPP) sebagai pilihan penyimpanan berbasis awan baru

Layanan penyimpanan berbasis cloud seperti Dropbox dan Box sudah tersedia di Microsoft Office versi desktop sejak beberapa tahun lalu. Berbeda dengan versi mobile yang relatif lebih terbatas. Yap, OneDrive memang tersedia sejak awal, tapi popularitasnya tak terlalu bersinar sehingga demi pengguna, Microsoft harus rela menanggalkan egonya dengan menghadirkan para rival di platform produktivitasnya.

Tapi mulai hari ini, pengguna Android bakal bisa menjumpai opsi penyimpanan berbasis cloud baru. Microsoft baru saja mengumumkan bahwa Cloud Storage Partner Program (CSPP) sekarang sudah menjadi bagian dari aplikasi Office untuk Android.

Kehadiran Cloud Storage Partner Program (CSPP) ke platform Android melengkapi dukungan mereka atas platform Office di mana sebelumnya sudah menyambangi desktop dan iOS. Pasca kehadiran opsi baru ini, pengguna dapat menambahkan layanan penyimpanan berbasis cloud di apapun aplikasi Office yang mereka gunakan.

Setelah layanan cloud ditambahkan, pengguna dapat meng-edit dan membagikan dokumen yang tersimpan di layanan pihak ketiga tersebut semudah melakukannya di Onedrive, Dropbox ataupun Box. Tak Cuma itu, pengguna juga bisa mengoperasikan dari awal aplikas-aplikasi Office seperti Word, Excel dan PowerPoint langsung dari aplikasi penyimpanan cloud tersebut.

Setelah ini, Microsoft berjanji bakal menghadirkan layanan cloud lainnya seperti Citrix ShareFile, Edmodo dan Learnium yang cukup populer di sejumlah negara.

Sumber berita Microsoft.