24 November 2015

by Bambang Winarso

Pepsi Realisasikan Smartphone Android Pertamanya, P1 dan P1s

Pepsi P1s dimotori chipset MediaTek 6592, RAM 2GB dan memori internal 16GB

Rumor bahwa Pepsi berencana meluncurkan perangkat smartphone ternyata bukan isapan jempol. Dijuluki Pepsi P1 dan P1s, smartphone perdana Pepsi tersebut resmi muncul dalam sebuah kampanye penggalangan dana di Tiongkok.

Sambutan dingin atas rumor smartphone Pepsi cukup beralasan mengingat brand ini lebih dikenal sebagai perusahaan pembuat minuman kaleng bersoda yang notabene bertolak belakang dengan dunia teknologi. Apapun rencana di baliknya, kini jelas sudah, anggapan itu sepenuhnya keliru.

Dari segi brand, semua orang tahu siapa itu Pepsi. Tak ada yang istimewa ataupun unik, tetapi bila dipreteli spesifikasinya, Pepsi Phone P1 maupun P1s tampaknya dibangun dengan rencana yang sangat baik. Kita awali dari sisi luar perangkat, di mana ia terbalut layar dengan lebar 5,5 inci beresolusi 1080 x 1920 piksel. Desain 2.5D di sisi layar membuat perangkat punya garis wajah yang tak kalah dengan perangkat premium lainnya.

Merangsek ke dalam kita akan menjumpai prosesor octa-core yang dipersembahkan oleh MediaTek MT6592 dipadukan dengan grafis Mali 450-MP4 GPU, RAM 2GB dan memori internal 16GB. Untuk komponen terakhir, Pepsi juga membenamkan tambahan slot microSD jika dirasa masih kurang lega.

Kameranya bagaimana? Bagian ini rupanya menawarkan komponen yang menjanjikan, di mana terdapat sensor 13MP di bagian belakang dan 5MP di depan. Sangat memadai, bahkan lebih dari cukup untuk berbagai tuntutan keperluan fotografi modern.

Di balik balutan body setebal 7,7mm dan jeroannya yang garang, Pepsi Phone P1s juga menyimpan fitur istimewa di sisi interface, di mana perangkat menggunakan custom OS rombakan sendiri bernama dido yang dipoles dari sistem operasi Android 5.1 Lollipop.

Shenzhen Scooby Communication Equipment Co yang menjadi perakit ponsel juga membenamkan fitur-fitur ala perangkat flagship seperti 4G LTE, slot nano SIM, pemindai sidik jari, dan baterai berkapasitas 3.000mAh yang terbilang di atas rata-rata.

Seperti yang sudah disinggung, Pepsi Phone P1s saat ini hanya akan dijajakan melalui kampanye penggalangan dana di situs Z.JD. Di sana ada dua varian yang ditawarkan, Pepsi P1 dan Pepsi P1s yang dibedakan oleh pilihan operator lokal. Harga yang ditawarkan sendiri akan dinaikkan dengan batas penjualan unit tertentu mulai dari $78 hingga $203.

Sumber berita Fonearena dan zJD.