Categories

Feature

Peran Penting Data dalam Perusahaan Modern

Memperlakukan data dengan baik bisa berdampak pada citra dan pandangan pelanggan

Prayogo Ryza - 11 July 2016

Data mulai menempati tempat yang lebih penting di dalam perusahaan. Di era informasi seperti sekarang ini, data juga memberikan pengaruh pada valuasi dan reputasi perusahaan. Keputusan bagaimana perusahaan menggunakan data bisa memberikan dampak pada keberhasilan perusahaan modern, seperti pada citra perusahaan, persepsi publik, pesaing dan juga regulator.

Untuk itu sebelum benar-benar mengoptimalkan data yang ada melalui saluran-saluran yang ada seperti IoT, media sosial dan lainnya, perusahaan sudah lebih menghargai penggunaan data. Penyalahgunaan data akhirnya bisa berdampak buruk bagi perusahaan.

Di perusahaan modern, goodwill merupakan komponen penting dalam tiap valuasi perusahaan. Goodwill sebagai bentuk aset tidak berwujud terdiri dari unsur-unsur subjektif seperti reputasi, nilai brand perusahaan, daftar pelanggan dan interaksi positif dengan pelanggan. Untuk itu perlu dilakukan kontrol goodwill yang baik, terlebih di era media sosial yang merupakan salah satu corong informasi untuk rujukan banyak orang. Harus ada perhatian khusus untuk hal yang satu ini.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah bagaimana melindungi dan menghargai data. Tentang bagaimana mengantisipasi adanya kebocoran data, pelanggan data, dan beberapa masalah legalitas data yang dimiliki perusahaan. Selain bisa berurusan dengan hukum, kejadian ini juga berimbas pada persaingan bisnis. Pelanggan bisa dengan mudah berbelok ke pesaing karena dinilai lebih aman dan tepercaya.

Data yang datang membanjiri perusahaan melalui beberapa kanal tentu tidak semua merupakan data-data publik, beberapa di antaranya mungkin ada data pribadi yang hanya boleh digunakan oleh perusahaan untuk urusan tertentu. Kesepakatan-kesepakatan inilah yang harus dijelaskan di awal bagi pelanggan-pelanggan. Perusahaan harus terbuka tentang data apa dan apa yang akan diperbuat dengan data tersebut.

Memahami tentang nilai-nilai dalam sebuah data memang suatu hal penting. Tetapi isu-isu legalitas, privasi dan keamanan data seharusnya bisa ditempatkan di urutan pertama. Sebelum berinvestasi lebih ke soal analisis data isu-isu tersebut justru harus didahulukan karena tergolong isu-isu krusial. Seharusnya sebelum berfokus pada hal-hal teknis, permasalahan prosedural, proses dan legalitas harus menjadi prioritas.

--

Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter