1. Startup

Peranan Big Data dalam Dunia Kesehatan

Bisa digunakan untuk meminimalisir malapraktek dengan analisis dan data yang lebih lengkap

Jika membahas mengenai teknologi maka tak pernah luput untuk membahas di sektor apa saja teknologi tersebut bisa dimanfaatkan. Teknologi yang sedang banyak dibahas dan digandrungi salah satunya big data. Kemampuan mengumpulkan dan menganalisis data menjadi peluang tersendiri untuk berbagai sektor, salah satunya kesehatan. Dampak yang paling diharapkan dari penerapan teknologi di big data adalah meminimalkan malapraktek.

Jika di sektor bisnis big data dimanfaatkan untuk keperluan personalisasi layanan demi meningkatkan pengalaman pengguna, di sektor kesehatan big data memegang peran lebih sentral. Fungsinya untuk membantu tenaga medis, seperti dokter atau perawat untuk mendapatkan data lebih mendalam dari pasien. Seperti rekam medis, daftar obat yang dikonsumsi, hingga daftar obat yang tidak boleh dikonsumsi. Data-data tersebut menjadi penting untuk meminimalkan malapraktek dan mendapatkan data pribadi pasien.

Selain itu big data bisa menjadi tulang punggung untuk teknologi kecerdasan buatan. Kombinasi keduanya bisa menghasilkan analisis yang akurat. Belum lagi jika dikombinasikan dengan teknologi cloud yang memungkinkan data bisa dibagi dengan mudah antar jaringan rumah sakit, sehingga di mana pun pasien berobat atau ditangani data rekam medis pasien sama.

Salah satu jenis malapraktek yang bisa ditekan adalah kesalahan pemberian obat. Para petugas medis bisa memanfaatkan data-data pasien untuk menentukan obat dan dosis yang tepat kepada pasien. Termasuk apakah pasien benar-benar perlu obat atau bahkan hanya perlu istirahat. Ini termasuk juga mengurangi ketergantungan terhadap obat.

Selain disiapkan untuk membantu pasien, big data juga bisa digunakan untuk mengembangkan diagnosa. Dengan dilengkapi teknologi-teknologi pendukung lainnya big data bisa menjadi penunjang utama untuk dunia kesehatan menciptakan sebuah alat diagnosis yang merekam banyak gejala dan jenis penyakit tiap tahunnya. Data ini bisa digunakan untuk mengantisipasi atau mencegah lebih dini sebelum sebuah penyakit mewabah.

Yang perlu menjadi perhatian adalah penerapan teknologi di kesehatan tidak bisa disamakan dengan sektor lain. Harus ada desain dan keamanan lebih. Mengingat ini berkaitan dengan data personal dan menyangkut kesehatan. Bisa menjadi hal berbahaya jika sampai bocor.

--

Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again