18 October 2016

by Glenn Kaonang

Perangkat Wearable Ini Peringatkan Pengguna Sesaat Sebelum Cedera Menimpa Lengannya

Dirancang untuk atlet baseball, tapi gerakan repetitif apapun sebenarnya bisa dimonitor

Cedera fisik adalah momok atlet cabang olahraga apapun. Tragedi ini tentu saja dapat dicegah, tapi Anda tetap tidak bisa mengetahui kapan cedera bakal menimpa sebelum akhirnya Anda ditandu keluar dari lapangan.

Namun sepasang mahasiswa asal Rice University percaya mereka punya solusinya. Di bawah startup bernama Ziel Solutions, mereka mengembangkan sebuah prototipe perangkat wearable yang dapat memberi tahu penggunanya beberapa saat sebelum cedera fisik terjadi.

Bernama M2 Sleeve, perangkat ini berwujud seperti lengan baju biasa. Berbekal accelerometer, gyroscope dan sensor otot, perangkat ini dapat memonitor gerakan dan memberi peringatan sebelum pengguna mencederai lengannya sendiri.

Pengembangnya merancang M2 Sleeve untuk pitcherbaseball, akan tetapi pada dasarnya gerakan repetitif yang dilakukan atlet lain pun juga bisa dimonitor. Bahkan pekerja pabrik pun bisa memanfaatkan M2 Sleeve guna mencegah terjadinya cedera pada lengannya selagi bekerja.

Seperti halnya fitness tracker, M2 Sleeve akan mengumpulkan beragam data. Kendati demikian, Ziel lebih memilih untuk mengolah data-data tersebut terlebih dulu dengan teknologi deep learning dan menyajikan hasilnya berupa saran praktis kepada pengguna.

Konsep seperti ini diyakini dapat memudahkan baik pelatih maupun sang atlet itu sendiri. Dalam konteks baseball tadi, pelatih bisa mengawasi gerakan pitcher-pitcher andalannya, memastikan agar mereka tidak mencederai dirinya sendiri.

Ziel berharap bisa merealisasikan prototipenya dan memasarkan produk finalnya di musim liburan tahun 2018, diawali dengan tim baseball tingkat SMA. Harganya diperkirakan berkisar $250, plus biaya berlangganan $10 per bulan guna menebus insight praktis yang disuguhkan.

Sumber: Engadget.