Categories

Berita

Perbankan Turut Mendulang Untung dari Transaksi E-Commerce

Bank Mandiri targetkan transaksi bulanan e-commerce tahun ini rata-rata Rp 75-100 miliar

Randi Eka - 3 August 2016

Sektor e-commerce saat ini berkembang dan memiliki konsumen yang begitu luas di Indonesia. Salah satu yang banyak terdampak dari pertumbuhan e-commerce ini adalah transaksi perbankan untuk transfer pembayaran, karena umumnya pembelian melalui e-commerce atau online marketplace dibayar menggunakan metode digital. Hal tersebut yang turut dirasakan Bank Mandiri, seperti dipaparkan SVP Consumer Deposits Group Bank Mandiri Setiyo Wibowo bahwa tahun ini setidaknya Bank Mandiri mampu meningkatkan transaksi e-commerce hingga tiga kali lipat.

Sebelumnya pada tahun lalu Mandiri mencatat rata-rata arus uang yang mengalir untuk kebutuhan transaksi e-commerce mencapai Rp 25 miliar per bulan. Tahun ini diharapkan setidaknya Rp 75-100 miliar per bulan. Berbagai langkah pun dilakukan untuk meningkatkan traksi pengguna layanan bank untuk kebutuhan transaksi digital, salah satunya dengan membuka layanan Mandiri Debit Online untuk pembayaran iklan di Facebook. Seperti diketahui saat ini Facebook menjadi media sosial idaman para netizen di Indonesia, pengiklanan di sana pun makin terjangkau untuk bisnis di berbagai segmen.

Terkait dengan layanan pembayaran iklan di Facebook sendiri, Bank Mandiri menargetkan setidaknya akan ada 1.000 transaksi per hari pasca diluncurkan hari ini. Sebelumnya pengguna di Indonesia diberikan opsi untuk dapat membayar pengiklanan di Facebook menggunakan kartu kredit dan layanan e-payment dari Doku (bekerja sama dengan Bank Permata). Dengan makin banyaknya opsi pembayaran ini tentu juga akan berdampak langsung kepada pengguna.

Model e-commerce pun kini juga telah diadopsi oleh usaha kecil dan menengah. Melalui kanal online marketplace atau dengan mengembangkan platform e-commerce sederhana dengan CMS (Content Management System) yang melimpah di internet, berjualan online pun mudah untuk dikondisikan. Terlebih konsumen juga sudah mulai mapan dan terbantu, dengan berbagai alasan, umumnya karena barang lebih terjangkau dan mudah mendapatkannya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter