20 December 2013

by Yoga Wisesa

Pembaruan Sistem Embed Flickr dari Yahoo

Diciptakan oleh Ludicorp di tahun 2004 dan diakusisi oleh Yahoo setahun berikutnya ialah website populer dan sebuah komunitas online untuk saling mempublikasikan dan berbagi foto. Layanan yang disajikan Flickr banyak dimanfaatkan oleh para peneliti foto dan juga blogger sebagai media hosting foto dalam blog serta jejaring sosial, termasuk layanan embed foto dari Flickr

Begitu pentingnya fitur embed ini, Yahoo memperbarui desain dan sistem Flickr bekerja. Dan tampaknya ada sebuah maksud lain dengan perombakan ini: Yahoo ingin meningkatkan kembali kesadaran para khalayak pecinta fotografi akan layanan Flickr dan juga mendongkrak traffic situs ini. Kita tahu situs-situs seperti Vine, Instagram bahkan hingga Facebook dan Twitter sudah mengumumkan fitur sejenis cukup lama.

Jadi apa yang akan pengguna dapatkan dari sistem baru ini? Yang pertama, video dan foto yang Anda embed akan ditampilkan dengan nama Flickr serta gelar pemilik foto secara lengkap. Yahoo juga memastikan bahwa Anda akan tahu seberapa banyak foto/video itu dilihat sehingga pengguna akan tahu seberapa populer hasil karya mereka.

Tentu saja untuk menghargai privasi dan hak cipta yang Anda miliki, Yahoo memastikan hanya foto-foto yang Anda share secara publik saja yang dapat di-embed. Foto-foto pribadi tetap hanya bisa diakses oleh Anda dan orang-orang yang Anda inginkan.

Kemudian desain Web Embed Flickr baru ini juga tersaji secara lebih interaktif. Saat Anda mencantumkan sebuah foto dari sebuah album, photostream atau grup, orang lain bisa menelusuri seluruh koleksi-koleksi gambar Anda. Hal terakhir yang dijanjikan oleh Yahoo adalah mereka sama sekali tidak akan mengkompres atau menurunkan resolusi gambar yang ada di sana.

Hal itu sesuai dengan janji Yahoo yang tidak mau berkompromi soal kualitas foto dan tetap menyajikan gambar-gambar dengan resolusi tinggi. Biasanya orang-orang yang mengunggah foto di internet sama sekali tidak mengharapkan kompensasi, namun tetap saja para 'seniman' ini harus mendapatkan apresiasi dan perhatian atas karya-karyanya. Dengan mengetahui siapa sang pencipta karya, setidaknya kita memberikan pujian tak tertulis untuk mereka.

Dengan sistem baru ini, Flickr mengadopsi gaya frame dengan logo Flickr di pojok bawah bersebelahan dengan judul dan nama Flickr fotografer di sampingnya. Logo ini tidak akan terlihat hingga pointer mouse berada di dalam area foto. Saat pointer meninggalkan zona tersebut, logo dan judul akan menghilang.

Untuk informasi lengkapnya, silakan kunjungi laman blog Flickr.

Via TechCrunch.com. Gambar header: PCWorld.