Categories

Glossary

Perbedaan dari WhatsApp Bisnis, WhatsApp Business API, dan WhatsApp

Berikut perbedaan WhatsApp, WhatsApp Bisnis, dan WhatsApp Business API yang perlu dipahami

Asti - 14 January 2022

Aplikasi pesan instan WhatsApp telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, baik untuk keperluan pribadi, maupun bisnis. Bagi sektor bisnis, penggunaan WhatsApp telah jamak dilakukan oleh berbagai profesi, entah untuk komunikasi internal, hingga kebutuhan relasi konsumen. Namun masih banyak yang belum memahami bagaimana perbedaan WhatsApp Bisnis, WhatsApp Business API, dan WhatsApp.

Popularitas WhatsApp di masyarakat alhasil memunculkan banyak versi aplikasi berbeda yang disesuaikan untuk kebutuhan. Untuk keperluan pribadi misalnya, pengguna cenderung menggunakan WhatsApp versi standar. Sementara itu, pengguna “enterprise” biasa memanfaatkan aplikasi WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Business API untuk platform komunikasi resmi perusahaan. Selain itu masih banyak perbedaan lainnya. Berikut ini kami rangkum pembahasan selengkapnya untuk Anda.

WhatsApp (versi regular)

Aplikasi versi ini lebih dikenal oleh khalayak luas. Sebagai versi aplikasi utama, aplikasi ini melayani perpesanan gratis yang dapat digunakan oleh berbagai segmen pengguna. Jenis konten yang dapat dibagikan pun beragam, selain teks, ada gambar dan video yang dapat dibagikan. Belakangan fitur berbagi stiker di WhatsApp mulai populer di kalangan penggunanya.

WhatsApp Bisnis

Dirilis pada 2018, WhatsApp Bisnis dirancang khusus untuk bisnis mikro dan kecil yang memungkinkan satu nomor ponsel WhatsApp dikelola oleh dua admin yang berbeda. Dengan begitu, karyawan dapat dengan mudah mengidentifikasi aplikasi mana yang ditujukan untuk keperluan pribadi dan bisnis.

WhatsApp Bisnis dilengkapi dengan fitur "Quick Reply", yang memungkinkan admin merespon balasan berbasis template. Selain itu, WhatsApp Bisnisjuga dilengkapi dengan kemampuan untuk melabeli percakapan dan juga beberapa fitur penunjang bisnis lainnya. Banyak perusahaan tertarik untuk menggunakan WhatsApp Bisnis karena memungkinkan mereka untuk mengirim pesan langsung ke klien mereka, secara profesional dan gratis, selama mereka memiliki koneksi internet.

WhatsApp Business API

WhatsApp Business dirancang untuk bisnis kecil, tetapi WhatsApp Business API dibuat khusus untuk perusahaan besar. WhatsApp Business API memperkuat komunikasi perusahaan dengan pelanggan di seluruh dunia, memungkinkan pebisnis terhubung dengan klien di seluruh dunia.

WhatsApp Business API dirancang untuk perusahaan besar yang menerima pesan dalam jumlah besar, yang tidak lagi dapat ditangani oleh WhatsApp Business. Penggunaan WhatsApp Business API sejatinya membutuhkan pengaturan teknis lebih lanjut, berbeda dengan WhatsApp Business regular yang hanya membutuhkan pendaftaran secara umum. 

Seperti yang sudah kita lihat di atas, perbedaan WhatsApp Bisnis, WhatsApp Business API, dan WhatsApp rupanya hadir dengan berbagai versi sesuai digunakan bagi berbagai macam segmentasi pengguna. Nah, apakah Anda kini telah memahami ketiga perbedaan tersebut? Bagi Anda pebisnis yang tertarik memanfaatkan layanan WhatsApp Business API, Anda kini dapat mengintegrasikan WhatsApp dan email ke dalam aktivitas pemasaran Anda.

***

Disclosure: Artikel ini didukung oleh MTarget.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter