1. Lifestyle

Prediksi 2014 Gartner: Perangkat Android Akan Terjual Lebih dari 1 Miliar Unit Sepanjang 2014

Di awal tahun seperti sekarang, tentu tidak asing bagi kita melihat berbagai prediksi mengenai tren yang akan terjadi sepanjang satu tahun ke depan. Gartner sebagai salah satu perusahaan analisis pasar perangkat elektronik terbesar di dunia kembali merilis prediksinya mengenai pasar perangkat elektronik sepanjang 2014 nanti.

Secara umum, perangkat telepon seluler masih akan menguasai pasar perangkat elektronik meski pertumbuhannya sudah tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya. Gartner memprediksikan sebanyak 1,89 miliar perangkat telepon seluler akan terjual sepanjang tahun 2014. Perangkat komputer personal (mencakup desktop dan notebook) menyusul di tempat kedua dengan 277 juta unit, dan perangkat tablet semakin memperkecil jarak dengan 263 juta unit.

Jika dilihat dari sistem operasi yang dijalankan di atas perangkat-perangkat elektronik tersebut, Android semakin memperbesar jarak dengan sistem operasi lainnya. Diperkirakan pada 2014 untuk pertama kalinya perangkat-perangkat berbasis Android akan terjual sebanyak 1 miliar unit dalam satu tahun. Posisi kedua masih dihuni oleh Windows yang memang masih kuat di pasar komputer personal. Sementara gabungan iOS dan Mac OS berada di posisi ketiga, disusul dengan BlackBerry OS dan Chrome OS.

Dengan demikian, berdasarkan prediksi Gartner ini, hadirnya beragam sistem operasi untuk perangkat mobile belum akan membawa pengaruh besar kondisi pasar secara keseluruhan. Saya sendiri berharap sistem-sistem operasi seperti Tizen, Firefox OS, Ubuntu atau Jolla akan bisa menambah dinamika industri mobile untuk semakin memperkaya pilihan produk yang berkualitas bagi konsumen.

 

Sumber: Gartner.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again