Categories

Interview

PergiKuliner dan Rencana Bisnis Tahun 2016

Mengklaim telah memiliki 33 ribu tempat makan di database dan berencana melakukan ekspansi layanannya di kota besar lainnya

Yenny Yusra - 18 February 2016

Perkembangan industri kuliner di Indonesia selama 5 tahun terakhir menunjukkan geliat yang cukup signifikan. Mulai dari ramainya tempat makan, restoran, kedai dan foodtruck, hingga hadirnya ragam aplikasi dan situs food listing lokal hingga mancanegara.

Salah satu pemain lokal yang mencoba menghadirkan pilihan tersebut adalah PergiKuliner, situs serta aplikasi mobile yang berisikan informasi mengenai rekomendasi tempat makan mulai dari kaki lima hingga bintang lima dengan fitur rating dan user review. Situs PergiKuliner juga dilengkapi dengan blog yang merangkum semua artikel seputar profil restoran, rekomendasi dan tips menarik. Setelah meluncurkan aplikasi mobile di Android, saat ini PergiKuliner sudah bisa diunduh di platform iOS.

“Kami percaya masyarakat Indonesia membutuhkan sebuah tempat yang lengkap, up-to-date, dan dapat dipercaya untuk dijadikan pedoman dalam mencari tempat makan. Selama tahun 2015, kami fokus dalam membangun pondasi tempat tersebut,” kata CEO PergiKuliner Oswin Liandow

Setelah memantapkan pondasinya, untuk tahun 2016 ini ada dua fokus utama yang akan dijalankan oleh PergiKuliner. Pertama adalah mengenalkan ke seluruh masyarakat Indonesia bahwa PergiKuliner adalah tempat yang paling dapat dipercaya untuk mencari tempat makan yang enak, karena memiliki direktori terlengkap dan ter-update, serta review yang objektif dan berkualitas dari para pengguna.

Fokus kedua adalah meningkatkan kemudahan dalam pemakaian PergiKuliner, mulai dari mencari tempat makan yang enak hingga menulis pengalaman makan pengguna di tempat makan.

“Setelah sukses di Jabodetabek, kita akan mengenalkan PergiKuliner ke semua kota besar lainnya di Jawa pada tahun ini,” kata Oswin.

Di awal membangun usahanya, PergiKuliner menjalankan bisnisnya dengan cara bootstrapping, namun melihat perkembangan yang ada, PergiKuliner pun mendapatkan investasi dari Cyberagent Ventures.

“Cerita ke belakang sedikit, PergiKuliner dibentuk pada pertengahan tahun 2014 dan saat itu CyberAgent Ventures memberikan dukungan penuh, tidak hanya dari pendanaan, namun juga dukungan pengetahuan mereka yang sangat kuat di sektor online media. Berkat itu, kami tumbuh dengan sangat cepat secara organik dan beberapa investor tertarik untuk memberikan dukungan tambahan kepada kami,” kata Oswin.

Oswin juga menambahkan dalam 6 bulan terakhir, jumlah restoran listing, jumlah pengguna dan ulasan berkualitas yang ditulis oleh pengguna PergiKuliner meningkat secara konsisten sebesar 15 - 20% setiap bulannya secara organik.

“Fokus kami adalah kepuasan pengguna kami, maka dari itu kami fokus pada konsistensi pertumbuhan. Kami mengklaim PergiKuliner memiliki jumlah listing tempat makan terlengkap di Jabodetabek dengan lebih dari 33 ribu tempat makan sudah terdata di database,” tuntas Oswin.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter