Perjalanan dan Pelajaran MakanLuar Yang Diakuisisi Chope

Perjalanan dan Pelajaran MakanLuar Yang Diakuisisi Chope

Kredibilitas, jaringan dan persistensi menjadi kunci
Siap kuasai pasar regional di bawah bendera Chope / Pixabay
Siap kuasai pasar regional di bawah bendera Chope / Pixabay

Layanan reservasi restoran online MakanLuar telah diakuisisi oleh Chope. Jawara TOP100 Startups Echelon Indonesia tahun 2015 tersebut membuktikan kredibilitas dan traksi bisnisnya di pasar nasional. Duo founder MakanLuar Kunal Narang dan Hiro Mohinani bercerita singkat mengenai perjalanan MakanLuar sebelum pada akhirnya diakuisisi Chope untuk melanjutkan ambisinya menguasai pasar regional.

Sejak awal berdiri di tahun 2013, MakanLuar telah lama terinspirasi oleh Chope yang telah kokoh berdiri sebelumnya. Hiro sendiri mengakui mencari celah untuk MakanLuar untuk bisa mengiringi dan menjalin kerja sama dengan Chope, namun keterbatasan pengalaman dan solusi menjadikan hal tersebut sulit dilakukan.

“Sekarang kami memiliki traksi dan kuku yang baik di pasar Indonesia, kami butuh tumbuh dan berkembang, sementara Chope ingin ekspansi ke Indonesia. Hal tersebut cukup masuk akal bagi kami untuk menghubungi Chope, di momen ini keseluruhan perjanjian dan proses akuisisi dimulai,” ujar Kunal.

Babak baru dari pengembangan bisnis dari kedua entitas ini adalah eksposur ke pasar regional, dan menggaet lebih banyak restoran di wilayah ini. Kunal menambahkan, “Jika Anda lihat dari kedua produk [MakanLuar dan Chope], kami berbagi filosofi dan kultur yang sama dalam hal kualitas layanan di mana pun target pasar kami.”

Perbincangan mengenai akuisisi tentunya membutuhkan waktu bagi tim internal MakanLuar untuk menyelaraskan keputusan. Mendefinisikan pro dan kontra yang ada. Di atas segalanya, restoran yang terdaftar sebagai mitra harus mendapatkan benefit.

“Mereka [restoran terdaftar di MakanLuar] mendapatkan eksposur tak hanya dari pengguna kami, tetapi juga pengguna Chope di wilayah regional nantinya. Menurut saya proses akuisisi ini pada akhirnya banyak menguntungkan MakanLuar,” papar Kunal.

MakanLuar tetap dikemudikan oleh Kunal dan Hiro yang secara berangsur akan mengubah entitasnya sebagai Chope Indonesia dalam enam hingga dua belas bulan ke depan.

Diakuisisi seharusnya bukan tujuan

Kunal meyakinkan bahwa merencanakan tujuan utama untuk meraih “exit” bukanlah hal yang tepat. Exit adalah sesuatu yang seharusnya dilakukan dalam kondisi jika itu adalah yang tepat untuk bisnis Anda untuk maju dan terus berkembang. Meskipun begitu, memang perlu ada langkah yang harus dipersiapkan untuk mencapainya.

Membangun kredibilitas. Berbicara dengan banyak konsultan, mentor, investor dan siapa pun yang berkepentingan di industri ini secara jujur tentang progres dan tantangan yang dihadapi. Jika seseorang kerap menyuarakan kesuksesannya, Kunal menyatakan bahwa kita harus berasumsi: 1) mereka tidak membutuhkan bantuan, dan melewatkan banyak kesempatan untuk pelajaran dan saran, 2) hal tersebut cenderung tidak mungkin karena tantangan besar selalu menghantui apalagi di bisnis yang membutuhkan skalabilitas cepat. Di waktu yang sama, startup juga harus mampu menyisipkan sekelumit cerita sukses untuk meyakinkan bahwa bisnisnya berada di jalur yang tepat.

Network, network, network. MakanLuar adalah jawara TOP100 Startups Echelon Indonesia 2015. Berpartisipasi dalam kompetisi dan acara serupa di dalam dan luar negeri memperluas jaringan, serta memahami tren dari berbagai sudut pandang.

Persistensi dan tekun. Para pendiri startup kerap kali mengalami ide mereka tak berjalan sesuai rencana, lalu beralih ke solusi berikutnya. Faktanya hal tersebut memang tidak pernah mudah.

Growth tidak pernah menjadi sebuah garis lurus yang mulus, membutuhkan 100 kali percobaan yang berbeda-beda untuk membuktikan bisnis Anda mampu bertahan. Proses ini membutuhkan waktu dua bulan, bisa setahun, atau bahkan dua tahun. Dan hal itu merupakan hal yang melekat erat pada kultur startup,” tegas Kunal.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…