1. Startup

Perlombaan Layanan Transfer Antar Bank: Flip vs OY!

Bisnis keduanya saling beririsan

Rivalitas Flip dan OY!, seperti memosisikan Grab vs Gojek, Traveloka vs Tiket, Gopay vs OVO, atau Tokopedia vs Shopee. Mereka berdua piawai di segmen layanan transfer dana antar bank (interbank) tanpa biaya. Flip sudah beroperasi sejak akhir 2015, sementara OY! melakukan pivot, bisnis awalnya sebagai pesan instan, di 2017.

Keduanya sama-sama sudah berizin dari Bank Indonesia sebagai layanan transfer dana. Menariknya, dalam daftar ini, menurut pantauan DailySocial, hanya Flip dan OY! yang bermain di layanan transfer dana antar bank domestik. Selebihnya dikuasai perusahaan yang bermain di bisnis remitansi.

Menurut data Bank Indonesia, sepanjang tahun lalu volume transaksi domestik tercatat ada lebih dari 218,89 juta dengan nominal Rp84,47 triliun. Bisnis remitansi sendiri mencatat 37,7 juta transaksi dengan nilai Rp90,67 triliun. Angka yang hampir seimbang ini mengejutkan mengingat pada 2018 bisnis remitansi jauh mendominasi dengan nominal Rp177,1 triliun dibandingkan domestik Rp32,71 triliun.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again