Categories

Review

Perluas Informasi dan Jaringan UKM Melalui Aplikasi Android Zapa

Michael Erlangga - 5 November 2014

Ruang gerak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang terbatas karena terkendala dana seharusnya dapat disiasati dengan pemanfaatan media sosial dan Internet yang mudah diakses dan gratis. Skema serupa dicanangkan oleh Telkom dengan menghadirkan aplikasi CRM Mobile App Zapa. Aplikasi ini membantu masyarakat Indonesia yang baru ingin memulai usaha kecil dan menengah dengan menyediakan layanan Product Information, Informasi Billing, Tracking Proses Order, Directory Event UKM, Near Me (info lokasi terdekat), Live Chat dan layanan pengaduan.

Telkom membangun aplikasi ini pun bukan tanpa alasan. Guna memfasilitasi ratusan UKM di bawah naungan Indonesia Digital Entrepreneur (IndiPreneur), mereka optimis mampu memajukan perkembangan UKM Indonesia menjadi lebih hebat.

Calon dan pelaku UKM sebagai pengguna ada baiknya mendaftarkan diri dengan mengintegrasikan laman profil Facebook mereka untuk memaksimalkan segala benefit yang ditawarkan oleh aplikasi Zapa. Guna mendukung operasional UKM, Zapa memudahkan pengguna dengan membagi dua navigasi pada halaman utama dengan pilihan My Telkom dan My UKM. Ternyata keseluruhan navigasi ternyata juga dijabarkan dalam kolom di sebelah kiri layar sehingga terkesan redundant.

Di halaman My Telkom, pengguna diberi kesempatan melengkapi data pribadi melalui opsi Profil serta kemudahan mendapatkan layanan ICT dan Live Chat dari Telkom. Dari opsi Produk, pengguna dapat berlangganan layanan Telepon Rumah, Speedy Internet Broadband, STAR Contact Center, Kartu HALO, dan Bostoko guna mendongkrak kinerja UKM mereka. Daftar layanan tersebut bisa di-tap untuk menampilkan detail yang ditawarkan. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan pilih tombol chat di sebelah kiri, atau telepon di sebelah kanan untuk menghubungi customer service yang bersangkutan. Setelahnya pengguna dapat melacak status pemesanan dan informasi tagihan dari layanan yang mereka ajukan dalam opsi Status Order dan Tagihan. Bahkan pengguna dapat menghubungi Telkom terdekat di mana mereka bereda dengan fitur Near Me.

Sementara untuk dukungan proses bisnis, aktivitas dan berbagai mekanisme pendukung operasional bisnis UKM, pengguna dapat mengakses halaman My UKM yang terdiri dari: Acara, yang mengkurasi informasi terkait event yang sedang berlangsung; Direktori UKM, yang menampilkan seluruh daftar UKM terdaftar IndiPreneur berdasarkan kategori; dan Forum yang memungkinkan pengguna berinteraksi bahkan membangun komunitas sesama pelaku UKM. Secara umum data yang dihadirkan hanya berupa direktori informasi.

Strategi untuk menggaet lebih banyak pengguna menjadikan aplikasi ini terlampau sederhana. Siapa tahu ke depannya Zapa bisa digunakan untuk memberikan kemampuan berjualan seperti halnya sebuah aplikasi e-commerce. Saat ini Zapa baru tersedia dalam platform Android dan untuk mencobanya silakan unduh ke tautan berikut ini.

[Foto: Dok. DailySocial]

-

 

 

 

 

 

Dapatkan pengalaman baru membaca konten DailySocial dan berselancar di internet mobile menggunakan Baidu Browser. http://goo.gl/WKlc5i

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter