1. Lifestyle

Permainan dan Platform Game Terbaik di 2013

Baru beberapa hari yang lalu kita telah mengucapkan selamat tinggal pada 2013. Ia memang terasa sangat dekat, namun faktanya 2013 sudah berlalu. Bagi para pecinta video game, 2013 merupakan salah satu tahun terbaik untuk mereka. Ia adalah tahun dimana akhirnya platform-platform game baru mendarat, dan menjadi rumah bagi game-game terbaik yang pernah tercatat sejarah.

Dengan dirilisnya console next-gen 'tahun lalu', kita bisa menyimpulkan bahwa 2013 merupakan tahun transisi yang penting. Dan berkat situs agregat review seperti Metacritic, kita semakin mudah mendapatkan daftar permainan dan platform terbaik di tahun itu. Jadi siapakah yang berhasil mendapatkan mahkota sebagai yang terbaik di 2013?

 

Info menarik: Game Android Terpilih 29 Desember 2013 – 4 Januari 2014

 

Seperti yang sudah banyak orang perkirakan, Grand Theft Auto V adalah game fenomenal dengan rating paling tinggi. Satu hal yang membuatnya sangat unik adalah permainan ini hanya dirilis untuk dua platform tua: PlayStation 3 dan Xbox 360. Berdasarkan ratusan review yang dikumpulkan dari pengulas game profesional di seluruh dunia, Grand Theft Auto V berhasil mendapatkan skor rata-rata 97. Angka ini sangat besar, dan hanya satu poin di bawah sang pendahulu Grand Theft Auto IV yang memiliki skor 98.

Tetapi ada sebuah hal yang menjadi anomali dalam industri gaming di tahun 2013. Hanya ada 11 game console - dengan tujuh judul berbeda - yang mendapatkan skor 90 ke atas. Dan itu artinya 2013 merupakan tahun dengan jumlah game 'terbaik' yang paling sedikit. Bahkan jika dijumlahkan dengan permainan yang dirilis untuk tablet (tidak termasuk iOS) dan PC, total video game dengan skor 90 hanya mencapai 18 buah. Itu artinya sama dengan yang terjadi di tahun 2012 - jauh lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Tabel di bawah adalah daftar 18 game terbaik di 2013:

Bagi Microsoft, 2013 bukanlah tahun terbaik mereka. Di era-era terakhir Xbox 360, ia adalah platform paling buruk jika dinilai dari rata-rata skor game di dalamnya: terdapat penurunan skor rata-rata sebanyak tiga poin dibanding tahun 2012. Console ini hanya memiliki tiga buah permainan yang memiliki skor 90 ke atas, dan yang lebih parah adalah fakta bahwa hanya terdapat tiga buah permainan eksklusif yang berhasil mendapatkan rating di atas 75.

Kita mengerti penurunan ini mungkin disebabkan oleh developer (dan publisher) yang bersiap-siap untuk menyajikan game di platform baru. Tapi sayangnya Xbox One masih belum mampu menyelamatkan brand console game milik Microsoft ini. Hingga 2013 berakhir, hanya terdapat 17 permainan yang dirilis untuk Xbox One, dan skor rata-rata seluruh game juga jauh dari memuaskan: hanya 66,8.

Jika dihitung secara keseluruhan, hanya 39% game Xbox (baik 360 dan One) yang mendapatkan rating positif. Di bawah ini adalah game-game terbaik Xbox 360...

(Klik Next untuk melanjutkan)

...Dan tidak lupa Xbox One.

Hal yang tidak jauh berbeda terjadi di dapur Sony, walaupun nasibnya tidak seburuk dua buah console Microsoft itu. Penurunan skor tetap terjadi walaupun tidak terjun bebas seperti sang kompetitor besarnya - dan angka ini hampir setara dengan skor di tahun 2012. Berdasarkan rata-rata agregat di Metacritic, hampir 47% game yang dirilis di PlayStation 3 mendapatkan penilaian positif. Jumlah ini naik dibandingkan di tahun 2012 yang hanya mencapai 40,7%.

 

Info menarik: PlayStation 4 Terjual Dua Kali Lebih Banyak Dibanding Xbox One di eBay

 

Platform game terbaru dari Sony juga berhasil membuktikan sebagai next-gen console yang lebih unggul. Di umurnya yang sangat muda, sebuah game PS4 tercatat sebagai permainan eksklusif dengan skor Metacritic 90. Ia adalah flower (bukan typo, judul game ini menggunakan huruf kecil). Ini dia daftar game terbaik di PlayStation 3.

Dan ini sepuluh game terbaik di PlayStation 4.

Berbeda dengan Sony dan Microsoft, Wii U adalah satu-satunya platfom home console yang mendapatkan peningkatan drastis. Terdapat peningkatan empat poin jika dibandingkan dengan rata-rata di tahun 2012. Bukan itu saja, sekitar 49% game yang dirilis di Wii U mendapatkan review positif, ditambah lagi dengan dua buah permainan eksklusif yang mendapatkan skor di atas 90.

Yang menjadi masalah terbesar bagi Wii U adalah jumlah game yang terbatas dibandingkan console miliki Microsoft dan Sony. Di tahun 2013, hanya ada 53 permainan yang dirilis di platform Nintendo ini, dan hanya ada 36 game yang diulas oleh lebih dari tujuh reviewer profesional. Secara logika, jumlah game yang lebih sedikit memang membuat skor berada di angka yang tinggi. Ini dia 20 game terbaik di Nintendo Wii U.

 

(Klik Next untuk melanjutkan)

Di lini handheld terdapat pertempuran panas antara Nintendo 3DS dengan PlayStation Vita. Walaupun penjualan 3DS jauh mendominasi PlayStation Vita, kedua platform handheld ini mendapatkan peningkatan rata-rata skor game dengan angka yang signifikan dibanding tahun 2012. Pertarungan ini cukup sengit, skor permainan di PS Vita mengalahkan 3DS, namun console handheld Nintendo ini memiliki dua buah permainan dengan rating lebih dari 90.

 

Info menarik: [Eksklusif] Mengintip Kehidupan Tim eSport Terbaik Se-Asia, NXL

 

Jika kita melupakan sejenak jumlah penjualan console handheld di atas, maka PS Vita bisa dibilang yang menjadi pemenang dalam persaingan ini: 49% game di PS Vita mendapatkan skor positif, sedangkan game dengan review positif di 3DS hanya mencapai 31% dari total keseluruhan permainan yang dirilis di sana. Alasan ini juga diperkuat dengan jumlah game yang hampir sama untuk kedua console tersebut. Jika dibandingkan dengan game-game 3DS yang diracik langsung oleh Nintendo, Vita bisa dikatakan berhasil merangkul publisher-publisher third-party.

Ini dia tabel game terbaik PS Vita 'versus' Nintendo 3DS.

Akhirnya ada sebuah platform yang dinobatkan sebagai platform terbaik di tahun 2013. Seperti tahun-tahun sebelumnya, gelar ini dimenangkan oleh platform game tertua yang pernah dibuat manusia: PC.

Di tahun 2013, terdapat 321 game yang dirilis di PC - hampir dua kali jumlah permainan yang dirilis di PlayStation 3. Di PC, terdapat lima buah game yang memiliki skor rata-rata di atas 89, yang membuatnya menjadi platform dengan permainan terbaik paling banyak. Bukan itu saja, ada 46 game eksklusif dengan nilai yang cukup membanggakan: platform lain hanya memiliki kurang dari 10 permainan eksklusif yang 'baik'.

 

Info menarik: Memiliki 6,5 Juta Pemain Aktif Setiap Bulan, Valve Hilangkan Sistem Sign-up Dota 2

 

Namun jika dilihat dari permainan eksklusif tersebut, hanya Dota 2 yang mendapatkan skor rata-rata 90. Seperti PlayStation 3, total rata-rata rating juga mengalami penurunan tipis dibandingkan tahun 2012, sebesar 0,4% menjadi 69,1. Ada 25 permainan terbaik PC di 2013 yang berhasil diabadikan oleh Metacritic.

Menjadi saksi mata peralihan kekuasaan dua buah platform raksasa, meledaknya kepopularitasan game-game alpha eksklusif dan menyaksikan bagaimana developer-developer independen mulai 'mengangkat senjata' terhadap dominasi publisher besar di tahun 2013 memberikan gambaran bahwa industri video game sama sekali tidak bisa diprediksi. Tambahkan hal ini dengan Valve yang mencoba menyusupkan Steam Machines mereka ke ruang keluarga Anda, 2014 akan menjadi tahun yang sangat menarik.

Yang terakhir ini adalah infografis kesimpulan dari seluruh data di atas.

Sumber: Metacritic. Gambar header: badgamingpodcast.wordpress.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again